Fauzi, Rizal (2017) Strategi Komunikasi Instruksional Guru Pada Murid Tunagrahita SLB Hasrat Mulia Kabupaten Bandung. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi instruksional yang dilakukan oleh Guru pada murid Tunagrahita SLB Hasrat Mulia Kabupaten Bandung didalam kegiatan pembelajaran untuk meningkatkan semangat belajar muridnya. Peneliti menganalisis dari spesifikasi komunikasi instruksional yang dilakukan murid dimana didalamya ada proses pembelajaran yang dilakukan, pola pembelajaran, dan perubahan sikap didalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode deskriptif. Informan penelitian berjumlah 6 (enam) orang dimana informan kunci 3 (tiga) orang informan pendukung 3 (tiga) orang. Sebagian besar data dikumpulkan melalui observasi non partisipan, wawancara mendalam, dokumentasi, internet searching, dan didukung oleh studi pustaka, serta triangulasi data, diskusi dengan teman sejawat serta memberchek. Adapun teknik analisa data yang digunakan yaitu, reduksi data, penyajia data, penarikan kesimpulan, evaluasi, teknik pengambilan informan melalui snowball sampling. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi komunikasi instruksional guru pada murid tunagrahita SLB Hasrat Mulia meliputi, pertama proses pembelajaran yang didalamnya terdapat pemberian materi pembelajaran, serta interaksi. Kedua pola pembelajaran yang dilakukan oleh guru SLB Hasrat Mulia yaitu penggunaan alat peraga atau pemberian contoh pada setiap pembelajaran, dan pengulangan materi pembelajaran. Ketiga perubahan sikap pada guru SLB Hasrat Mulia Kabupaten Bandung yang meliputi penyesuaian diri pada murid Tunagrahita, lebih toleran, dan melihat kondisi murid terlebih dahulu. Kesimpulan dari penelitian ini adalah, bahwa strategi komunikasi instruksional yang dilakukan oleh Guru SLB Hasrat Mulia didalam kegiatan pembelajaran telah menambah semangat belajar muridnya, karena adanya proses pembelajaran yang lebih mengutamakan kenyamanan muridnya, pola pembelajaran yang memudahkan kegiatan pembelajaran serta perubahan perilaku yang ditunjukan untuk membuat nyaman murid mengikuti pembelajaran. Saran yang dapat peneliti berikan adalah dalam melakukan strategi komunikasi instruksional khusus bagi murid Tunagrahita sebaiknya guru meningkatkan keterbukaan informasi kepada murid agar murid lebih tertarik, dan lebih menggunakan metode pembelajaran yang menarik kepada murid seperti penggunaan laptop dan layar besar (proyektor) di dalam kelas saat mengajar murid tunagrahita.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Komunikasi, Komunikasi Instruksional, Kegiatan Pembelajaran. |
Subjects: | S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2016 |
Divisions: | Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1) |
Date Deposited: | 10 Nov 2017 03:33 |
Last Modified: | 10 Nov 2017 03:33 |
URI: | http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/53778 |
Actions (login required)
View Item |