Endah Lestari, Tri (2017) Komunikasi Pembelajaran kepala SMP Negeri 1 Cimenyan. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.
Full text not available from this repository.Abstract
Maksud penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa Komunikasi Pembelajaran Kepala SMP 1 Cimenyan Dalam Meningkatkan Kualitas Belajar-Mengajar Guru Dan Siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Desain Komunikasi Pembelajaran, Pengembangan Komunikasi Pembelajaran, Implementasi Komunikasi Pembelajaran, Manajemen Komunikasi Pembelajaran, Evaluasi Komunikasai Pembelajaran SMP N 1 Cimenyan Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti untuk memperoleh data yang dibutuhkan antara lain dengan melakukan observasi, wawancara, studi pustaka, internet searching, dan dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Kepala SMP N 1 Cimenyan melalui program kerjanya telah membentukan desain komunikasi pembelajaran yang baik dengan Implementasi program yang sesuai visi ASIK (terbentuknya warga sekolah yang agamis, santun, inovatif, karakter). Program kerja tersebut diantaranya : Program 3S, ��Senyum, Salam, Sapa��, Program Budaya 6 SMS, Program Sholat Dhuha, Program Bimtalis, Program Simba, Review Buku, 3Jenis Penghargaan untuk Program Simba, Program Penataan Lingkungan, dan Program Peningkatan Kompetensi Guru. Belum banyak pengembangan komunikasi pembelajaran yang dilakukakan kepala sekolah unk mengembangkan program-programnya. Manajemen komunikasi pembelajaran SMP N 1 Cimenyan melibatkan PKS (Pembantu Kepala Sekolah) dan Tim Manajemen Mutu didalam pengelolaannya. Sedangkan evaluasi komunikasi pembelajaran yang dilakukan sudah berjalan cukup baik dengan diadakannya briefing mingguan dan evaluasi setiap tiga bulan. Kesimpulan pada penelitian ini ialah bahwa Komunikasi Pembelajaran yang dirancang Kepala SMP N 1 Cimenyan telah memberikan peningkatan kualitas belajar mengajar yang baik pada guru dan siswa. Komunikasi pembelajaran tersebut memberikan perubahan yang cukup baik terutama mengenai perubahan sikap para guru dan siswa yang menjadi lebih agamis, disiplin dan berkarakter. Peneliti Menyarankan agar Kepala SMP N 1 Cimenyan dan SMP 1 Cimenyan lebih melakukan keterbukaan dalam proses komunikasi pembelajaran. Peneliti juga menyarankan agar sekolah membuat wadah khusus untuk warga sekolah guna menyalurkan aspirasinya didalam kegiatan belajar mengajar SMP N 1 Cimenyan. Misalnya dengan adanya kotak saran atau diadakannya ekstrakulikuler jurnalistik sekolah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Program Komunikasi Pembelajaran, Studi Kasus, SMP N 1 Cimenyan |
Subjects: | S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2017 |
Divisions: | Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1) |
Date Deposited: | 10 Nov 2017 03:33 |
Last Modified: | 10 Nov 2017 03:33 |
URI: | http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/54201 |
Actions (login required)
View Item |