Komunikasi Instuksional Guru Di Sekolah Khusus Autism Care Center Bandung

Lestari, Puji (2017) Komunikasi Instuksional Guru Di Sekolah Khusus Autism Care Center Bandung. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana komunikasi instruksional guru melalui program Activity Daily Living dalam memotivasi siswa penyandang autis di Sekolah Khusus Autsm Care Bandung.Peneliti mencoba untuk menganalisis dari metode komunikasi, teknik komunikasi, dan taktik komunikasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode deskriptif.Informan penelitian berjumlah 2(dua) orang dan informan pendukung berjumlah 3 (tiga) orang yang dipilih dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Data dikumpulkan melalui observasi non partisipan, wawancara, dokumentasi, internet searching, dan didukung oleh studi pustaka serta triangulasi data dan pengecekan anggota. Adapun teknik analisa data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, evaluasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi instruksional guru melalui program Activity Daily Living meliputi metode komunikasi instruksional seperti metode demonstrasi, metode video tape dan metode individual. Teknik komunikasi menggunakan media infocus, peralatan makan, pakaian, kalender. Taktik komunikasi yaitu, tidak membuat jarak dengan siswa, mengupdate informasi, memberikan rewards agar dapat memotivasi siswa ketika program Activity Daily Living berlangsung. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu pada saat program Activity Daily Living berlangsung guru menggunakan metode demonstrasi, metode video tape dan metode individual. Penggunaan media agar dapat memotivasi siswa. Guru tidak menjaga jarak dengan siswa, selalu mengupdate informasi dan pemberian rewards agar memotivasi siswa. Saran yang diajukan adalah dalam melakukan proses belajar mengajar guru lebih sering menggunakan metode video tape. Serta menambahkan tenaga kerja guru agar setiap guru tidak mengawasi banyak siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Instruksional, metode komunikasi, teknik komunikasi, taktik komunikasi
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:34
Last Modified: 10 Nov 2017 03:34
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/54300

Actions (login required)

View Item View Item