Sistem Informasi Manajemen Proyek Pada CV. Abi Zakira Prima

Maulana Sudrajat, Ilham (2017) Sistem Informasi Manajemen Proyek Pada CV. Abi Zakira Prima. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

CV ABI ZAKIRA PRIMA merupakan sebuah perusahaan yang bergerak pada bidang konstruksi. Beberapa proyek konstruksi dapat ditangani CV ABI ZAKIRA PRIMA mulai dari proyek pembangunan jalan, pemagaran, pembuatan saluran irigasi dan lainya. Berdasarkan wawancara dan hasil observasi di CV ABI ZAKIRA PRIMA terdapat beberapa masalah saat berlangsungnya proyek. Masalah pertama yaitu jadwal yang dibuat dan digunakan adalah jadwal perminggu, akibatnya sering melesetnya waktu penyelesaian proyek dengan waktu yang telah direncanakan. Masalah selanjutnya terjadi pada sistem pengawasan progress proyek yang digunakan saat ini yaitu lambatnya penyampaian laporan dari pelaksana teknis ketika perusahaan menangani 2 atau lebih proyek dalam satu waktu sedangkan lokasi proyek yang saling berjauhan. Masalah terakhir yaitu Penanggulangan resiko yang belum termanage dengan baik yang dapat mengahambat proyek ketika suatu resiko terjadi. Berdasarkan permasalahan yang terjadi, beberapa metode akan diterapkan pada sistem informasi manajemen proyek yaitu CPM, EVM, dan EMV. CPM adalah teknik analisis jaringan kerja proyek yang digunakan untuk memprediksi durasi total proyek. EVM adalah suatu metode yang mengintegrasikan hubungan antara biaya dan waktu yang dapat memberikan gambaran keadaan proyek. EMV cara yang digunakan untuk mengawasi resiko dan perlindungan harta benda atas kemungkinan timbulnya kerugian karena adanya suatu resiko. Metode CPM akan digunakan untuk mengatasi masalah penjadwalan. Metode EVM akan digunakan untuk mengawasi progress proyek agar proyek dapat sesuai dengan perencanaan. Metode EMV digunakan untuk menangani resiko agar resiko yang muncul saat berlangsungnya proyek tidak mengahambat jalanya proyek. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah sistem informasi manajemen proyek yang telah dibangun dapat membantu mengatasi masalah yang terjadi di CV ABI ZAKIRA PRIMA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Proyek, Sistem Informasi, Critical Path Method, Earned Value Management, Expected Monetary Value.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:34
Last Modified: 10 Nov 2017 03:34
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/54332

Actions (login required)

View Item View Item