Sistem Informasi Manajemen Distribusi LPG Di PT. Limas Raga Inti Bandung

Rismawati (2017) Sistem Informasi Manajemen Distribusi LPG Di PT. Limas Raga Inti Bandung. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

PT. Limas Raga Inti merupakan salah satu distributor yang bergerak dalam bidang pendistribusian LPG di kota Bandung. Proses distribusi atau penyaluran LPG ini dilakukan dari PERTAMINA ke gudang pusat serta ke setiap gudang cabang perusahaan, lalu dilakukan pendistribusian dari perusahaan ke konsumen. Selama ini AM Logistik kesulitan dalam menentukan jumlah LPG yang akan dipesan ke PERTAMINA agar stok LPG digudang memenuhi permintaan, hal ini menyebabkan pendistribusian LPG ke konsumen terkadang tidak sesuai dengan permintaan. Sedangkan di bagian penjualan, kepala penjualan kesulitan dalam menentukan jadwal pengiriman dikarenakan jumlah LPG yang tidak memenuhi permintaan sehingga mengakibatkan terjadinya keterlambatan pengiriman LPG yang berdampak pada aktivitas pengiriman menjadi terhambat. Berdasarkan permasalahan yang terjadi di PT.Limas Raga Inti, pemecahan solusinya adalah bagaimana membangun sistem informasi manajemen distribusi untuk menangani masalah kesulitan dalam menentukan stok LPG yang harus dipesan serta perencanaan penjadwalan pengiriman agar tidak lagi terjadi kekurangan ataupun keterlambatan pengiriman. Metode yang digunakan untuk mengatasi kekurangan pengadaan LPG yaitu dengan peramalan menggunakan metode Single Moving Average, sedangkan untuk perencanaan penjadwalan pengiriman menggunakan metode Distribution Requirement Planning. Berdasarkan hasil pengujian, dapat disimpulkan bahwa sistem ini mampu membantu AM Logistik serta Kepala Penjualan di PT. Limas Raga Inti Bandung dalam mencari solusi untuk menyelesaikan permasalahan penentuan pengadaan dan penjadwalan pengiriman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi Manajemen (SIM), Distribusi, Pengadaan, Single Moving Average, Distribution Requirement Planning.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:34
Last Modified: 10 Nov 2017 03:34
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/54364

Actions (login required)

View Item View Item