Perangkat Listrik Memanfaatkan Bandul Dan Mikrokontroler Arduino Uno

Cakra Utama, Permana (2017) Perangkat Listrik Memanfaatkan Bandul Dan Mikrokontroler Arduino Uno. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Bandul atau pendulum adalah benda yang terikat pada sebuah tali dan dapat berayun secara bebas dan periodik yang menjadi dasar kerja dari sebuah jam dinding kuno yang mempunyai ayunan. Penggunaan bandul terus berkembang seiring dengan perkembangan teknologi. Pada penelitian ini bandul tidak digunakan sebagai jam dinding, melainkan sebagai penghasil energi listrik alternatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan energi listrik yang diperoleh dari gerakan ayunan bandul yang memutarkan gear kemudian menggerakan generator listrik agar menghasilkan tegangan dan arus listrik. Selain itu bandul ini pun dapat bergerak otomatis dengan memanfaatkan mikrokontroler. Energi listrik yang dihasilkan adalah proses kerja dari bagian mekanik yaitu generator, gear dan rantai yang terpasang satu sama lain sehingga dapat terjadi gerak translasi gerakan maju mundur bandul diubah menjadi gerakan naik turun untuk menggerakan generator. Hasil pengujian sistem secara keseluruhan menghasilkan keluaran yang diharapkan yaitu generator listrik dapat bergerak lalu menghasilkan energi listrik dan dapat didorong kembali dengan motor servo memanfaatkan mikrokontroler agar dapat bergerak secara periodik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bandul, energi listrik, generator listrik, gear, motor servo. Pendulum is an object attached to a rope and can swing freely and periodically on which the work of an ancient wall clock that has a swing. The use of the pendulum continues to evolve in line w
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:34
Last Modified: 10 Nov 2017 03:34
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/54389

Actions (login required)

View Item View Item