Sistem Informasi Distribusi Dengan Pendekatan Supply Chain Management Di CV. Rimbo Tani

Ramadhan, Rizky (2017) Sistem Informasi Distribusi Dengan Pendekatan Supply Chain Management Di CV. Rimbo Tani. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

CV. Rimbo Tani merupakan perusahaan yang bergerak di bidang distribusi produk pertanian yang berlokasi di kawasan Kota Jambi. Perusahaan ini memiliki banyak pelanggan yang tersebar di Provinsi Jambi dan sekitarnya. Produk yang dijual berupa bibit tanaman, herbisida, dan produk-produk pertanian lainnya. Selama ini, perusahaan menentukan jumlah pengadaan produk dari supplier berdasarkan intuisi atau perkiraan setiap bulannya. Akibatnya, ketika terjadi permintaan tinggi dari pelanggan, ketersediaan stok di gudang dalam keadaan kurang bahkan kosong. Hal ini menyebabkan masalah, mulai dari keterlambatan proses pengiriman hingga pembatalan pesanan. Perusahaan juga tidak memiliki penjadwalan distribusi, informasi ketersediaan kendaraan, dan mengalami kendala teknis seperti jarak, biaya, dan waktu pengiriman. Kegiatan yang dilakukan perusahaan pun belum efektif dalam hal waktu dan tenaga, serta belum efisien dalam hal biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan. Berdasarkan permasalahan di atas, salah satu solusi yang dapat diterapkan berdasarkan penelitian ini adalah membangun sistem informasi distribusi dengan pendekatan supply chain management di CV. Rimbo Tani. Tujuan sistem adalah agar perusahaan dapat memantau persediaan stok di gudang dan menentukan jumlah pengadaan produk di gudang, supaya tidak terjadi lagi kekosongan stok. Dengan demikian, perusahaan pun dapat memenuhi pesanan konsumen tepat waktu sehingga meraih efisiensi biaya. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah single exponential smoothing, yaitu metode untuk memprediksi pengadaan produk, dengan menggunakan basis data penjualan produk ke pelanggan. Untuk menghitung batas aman persediaan produk, penulis menggunakan metode safety stock. Untuk menentukan batas perusahaan dalam melakukan pengadaan produk kembali ke supplier, penulis menggunakan metode reorder point. Jadwal pengiriman produk disesuaikan dengan aturan bisnis perusahaan dan penggunaan jasa kurir.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Supply Chain Management, Push Supply Chain, Make to Stock, Single Exponential Smoothing, Reorder Point, Safety Stock..
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:34
Last Modified: 10 Nov 2017 03:34
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/54407

Actions (login required)

View Item View Item