Pengembangan Aplikasi Penunjang Buku Mewarnai Menggunakan Augmented Reality Di Penerbit Ruang Kata

Sopyan Ruhiyat, Atep (2017) Pengembangan Aplikasi Penunjang Buku Mewarnai Menggunakan Augmented Reality Di Penerbit Ruang Kata. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Ruang Kata merupakan salah satu bagian dari penerbit Kawan Pustaka yang berdiri awal tahun 2009. Buku yang diterbitkan oleh Ruang Kata yaitu buku kategori anak, penunjang pelajaran, bahasa, teknik komputer, musik, dan life style. Salah satu buku yang diterbitkan oleh Ruang Kata yaitu buku Mewarnai Hewan Liar. Buku tersebut di terbitkan oleh Penerbit Ruang Kata dengan no ISBN 978602-1576-56-4. Berdasarkan skripsi yang sudah ditulis oleh salah satu mahasiswa Universitas Komputer Indonesia jurusan Teknik Informatika yaitu Pembangunan Aplikasi Live Texturing Coloring Book Menggunakan Augmented Reality sebagai penunjang kegiatan belajar mewarnai yang didukukung oleh media ponsel, dan sudah dipergunakan oleh salah satu perusahaan atau penerbit buku terkemuka di Bandung. Dimana aplikasi tersebut membantu anak untuk melakukan kegiatan belajar mewarnai. Namun pada aplikasi tersebut masih terdapat beberapa kekurangan yang menyebabkan aplikasi tersebut kurang interaktif, seperti tidak adanya objek background tiga dimensi, objek bergerak hanya sesuai dengan sistem, tidak ada virtual button untuk menggerakkan objek tiga dimensi, sehingga kurang menarik dan kurang interaksi antara aplikasi dengan pengguna atau user. Dalam hal ini diperlukan pengembangan aplikasi tersebut agar lebih menarik dan interaktif. Berdasarkan dari hasil pengujian Blackbox dapat ditarik kesimpulan bahwa fungsionalitas yang terdapat pada aplikasi dapat berfungsi dengan baik dan berdasarkan pengujian beta dapat ditarik kesimpulan bahwa pengembangan aplikasi penunjang buku mewarnai menggunakan augmented reality di penerbit Ruang Kata ini telah berhasil membantu anak menyelesaikan karya mewarnainya dalam bentuk tiga dimensi, menjadikan buku Mewarnai Hewan Liar terbitan Ruang Kata lebih menarik, interaktif dan aplikasi yang dibuat dapat mudah digunakan oleh pengguna, serta berhasil dalam mengembangkan aplikasi live textur coloring book menggunakan augmented reality yang sudah ada menjadi lebih optimal dalam kesesuaian objek dengan marker dan mengembangkan aplikasi menjadi lebih interaktif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Live Texture, Coloring Book, Mewarnai, Ruang Kata, Hewan Liar
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:34
Last Modified: 10 Nov 2017 03:34
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/54418

Actions (login required)

View Item View Item