Pembangunan Aplikasi Pembelajaran Interaktif Mata pelajaran IPA Kelas IV Di SD Negeri 1 Cipondoh

Dadang Wasnardi, Pramuda (2017) Pembangunan Aplikasi Pembelajaran Interaktif Mata pelajaran IPA Kelas IV Di SD Negeri 1 Cipondoh. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan mata pelajaran yang mempelajari peristiwa-peristiwa yang terjadi di alam. Berdasarkan hasil wawancara dengan dengan Bapak Faisal Rahman sebagai guru mengatakan bahwa proses pembelajaran yang dilakukan di SD Negeri 1 Cipondoh masih menggunakan metode lisan dengan berceramah dan tulisan dengan menulis di papan tulis. Dengan proses pembelajaran yang dilakukan dengan berceramah dan menulis di papan tulis, hal ini berdampak kepada kurang interaktifnya mata pelajaran IPA dengan tidak adanya simulasi pada beberapa materi yang diajarkan sehingga siswa mudah merasa bosan. Aplikasi pembelajaran interaktif mata pelajaran ipa bertujuan untuk membantu guru dalam menyampaikan materi secara interaktif serta membantu siswa untuk mendapatkan nilai mata pelajaran ipa yang lebih bagus. Dengan metode yang digunakan adalah CAI (Computer Assisted Instruction), yaitu metode yang menggunakan komputer sebagai media penunjang dalam menyampaikan materi dan simulasi terhadap siswa, diharapkan dengan metode CAI dapat membantu guru untuk mendesain pembelajaran secara kreatif. Dengan desain pembelajaran yang kreatif maka proses pembelajaran menjadi invoatif, menarik, lebih interaktif dan mampu meningkatkan kualitas belajar dan minat siswa terhadap mata pelajaran tersebut. Aplikasi pembelajaran interaktif mata pelajaran ipa dibangun dengan menggunakan 3 metode yaitu tutorial, simulasi dan evaluasi. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan terhadap Aplikasi Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran IPA Kelas IV di SD Negeri 1 Cipondoh, diperoleh kesimpulan bahwa aplikasi yang dibangun dapat membantu guru dalam menyampaikan materi secara interaktif kepada siswa dan membantu siswa untuk mendapatkan nilai mata pelajaran IPA yang lebih baik dari sebelumnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Multimedia, Media Pembelajaran Interaktif, Media Pembelajaran Komputer, Ilmu Pengetahuan Alam, Aplikasi Flash.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:34
Last Modified: 10 Nov 2017 03:34
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/54427

Actions (login required)

View Item View Item