Analisis Perfomansi Supply Chain Pada Produk Sepatu Model Saroo Dengan Menggunakan Model Scor Di PT Primarindo Asia Infrastructure, TBK

Damayanti, Wullan (2017) Analisis Perfomansi Supply Chain Pada Produk Sepatu Model Saroo Dengan Menggunakan Model Scor Di PT Primarindo Asia Infrastructure, TBK. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Supply chain merupakan jaringan perusahaan-perusahaan yang secara bersamasama bekerja untuk menciptakan dan menghantarkan suatu produk ke tangan pemakai akhir. Metode yang digunakan dalam proses pengukuran performansi kinerja perusahaan yaitu model SCOR (Supply Chain Operation Reference) yang dapat mengintegrasikan tiga elemen utama dalam manajemen yaitu business process reengineering, benchmarking dan proses measurement.Penelitian dilaksanakan di PT Primarindo Asia Infrastructure, Tbk yang merupakan perseroan yang bergerak sebagai industri sepatu. Proses pengambilan data yang dilakukan didapat dari berbagai departemen yang ada di perusahaan seperti bagian ; PPIC, purchasing, logistik, keuangan, produksi dan gudang jadi. Hal tersebut dilakukan agar dapat melakukan pengolahan data mengenai performansi supply chain yang ada di perusahaan. Permasalahan yang timbul berupa adanya kesalahan komunikasi dengan beberapa supplier, sehingga terjadi keterlambatan pengiriman bahan baku, sedangkan pada proses pendistribusian terjadi proses pengembalian produk pada pihak perusahaan dengan alasan tertentu. Pengolahan yang dilakukan pada pengukuran performansi supply chain dengan menggunakan beberapa atribut seperti supply chain reliability penilaian terhadap delivery performance, fill rate dan perfect order fulfillment. Pada supply chain responsiveness penilaian terhadap order fulfillment lead time. Atribut supply chain flexibility penilaian terhadap supply chain response time dan production flexibility. Atribut supply chain costs memiliki penilaian terhadap cost of goods, total supply chain management cost, SG&A cost dan warranty/returns processing costs dan terakhir Atribut supply chain assets dengan penilaian terhadap cash to cash cycle time, inventory days of supply dan assets turns.Pada proses benchmarking yang dilakukan berdasarkan perbandingan dengan perusahaan rata-rata dan best in class. Matriks yang digunakan sebagai perbandingan yaitu delivery performance, fill rate by line item, perfect order fulfillment, order fulfillment lead time, warranty cost as % of revenue, inventory days of supply, cash-to-cash cycle time dan asset turns. Hasil perbandingan menunjukan dua matriks terakhir memiliki pencapaian performansi yang masih rendah sedangkan enam matriks lainnya sudah berada diposisi rata-rata dan best in class sehingga posisi perusahaan berada pada pencapaian performansi sebesar 75%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Supply Chain, Pengukuran Performansi, Model SCOR (Supply Chain Operation Reference) dan Benchmarking.
Subjects: ?? UNIK1486 ??
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Industri (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:34
Last Modified: 10 Nov 2017 03:34
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/54450

Actions (login required)

View Item View Item