Diplomasi Indonesia Dalam Meningkatkan Jumlah Kunjungan Wisatawan Tiongkok Ke Indonesia (2014-2016)

Siti Ratnasari, Nia (2017) Diplomasi Indonesia Dalam Meningkatkan Jumlah Kunjungan Wisatawan Tiongkok Ke Indonesia (2014-2016). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Sejak 2012 wisatawan asal Tiongkok menjadi sumber utama pasar pariwisata dunia yang terus mengalami pertumbuhan yang luar biasa. Wisatawan Tiongkok membentuk kelompok konsumen yang cukup besar dan diakui sebagai pembelanja terbesar dan paling menguntungkan di dunia. Sejak pergantian abad 20, telah terjadi peningkatan pesat dalam jumlah perjalanan luar negeri yang dilakukan oleh wisatawan Tiongkok dari 10 juta orang yang melakukan perjalanan ke negara lain pada tahun 2000, menjadi lebih dari 100 juta pada periode sekarang ini. Jumlah dan pengeluaran wisatawan Tiongkok yang tinggi, menjadi daya tarik dan menjadi rebutan bagi setiap negara untuk menarik wisatawan asal Tiongkok, tidak terkecuali Indonesia. Namun, potensi wisatawan Tiongkok tersebut belum dapat Indonesia manfaatkan dengan baik sampai sekarang ini. Kedatangan turis Tiongkok ke Indonesia masih sangat kecil jumlahnya jika dibandingkan dengan negara-negara ASEAN lainnya seperti Thailand, Singapura dan Malaysia yang dapat lebih banyak menarik wisatawan Tiongkok ke negaranya. Sehingga untuk dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan Tiongkok, Indonesia berupaya melakukan Multitrack Diplomacy yang melibatkan berbagai pihak melalui First Track Diplomacy, Second Track Diplomacy, Third Track Diplomacy, Fourth Track Diplomacy, Fifth Track Diplomacy dan Ninth Track Diplomacy mengingat terdapat potensi pendapatan yang tinggi yang dapat diperoleh Indonesia dari kunjungan wisatawan Tiongkok ke Indonesia. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sebagian besar data dikumpulkan dari studi pustaka, penelusuran website, dan dari hasil wawancara dengan Asisten Deputi Pengembangan Pasar Asia Pasifik Kementerian Pariwisata. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa diplomasi yang dilakukan Indonesia melalui Multitrack Diplomacy, berhasil dalam meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan Tiongkok ke Indonesia, namun jumlahnya masih sedikit jika dibandingkan dengan negara ASEAN lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Diplomasi Indonesia, Multitrack Diplomacy, Wisatawan Tiongkok, Pariwisata, Daya Saing
Subjects: ?? UNIK1491 ??
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:34
Last Modified: 10 Nov 2017 03:34
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/54468

Actions (login required)

View Item View Item