Perancangan Sistem Informasi Jasa Penyewaan Alat Camping Berbasis Website Di Best Camp

Joandy Kusa Nope, Paul (2017) Perancangan Sistem Informasi Jasa Penyewaan Alat Camping Berbasis Website Di Best Camp. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Kemajuan dalam penggunaan fasilitas internet dan teknologi informasi memberikan dampak positif bagi pelaku-pelaku usaha. Beberapa dampak positif yang dirasakan adalah kemudahan dalam melakukan transaksi maupun pengolahan data karena adanya sistem komputerisasi serta mempermudah proses pemasaran dan promosi. Pada tempat penyewaan Best Camp ini terdapat beberapa permasalahan diantaranya belum diterapkannya sistem komputerisasi dalam proses transaksi dan pengolahan datanya, serta sistem penyimpanan data yang masih manual sehingga menimbulkan kesulitan dalam melakukan penelusuran data. Selain itu belum adanya sistem penyewaan secara online menyebabkan konsumen harus datang langsung ke Best Camp untuk melakukan transaksi penyewaan. Tujuan dari penelitian ini yaitu merancang sistem informasi jasa penyewaan alat Camping yang berbasis Website untuk diterapkan pada Best Camp. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara langsung ke Best Camp. Metode pendekatan yang digunakan adalah object oriented analysis and design (OOAD) dan untuk mengembangkan sistemnya menggunakan metode prototype. Alat bantu yang digunakan dalam melakukan perancangan adalah UML dalam bentuk Use case, Skenario Use case, Diagram Activity, Sequence Diagram, Class Diagram, Component Diagram dan Deployment Diagram. Penelitian ini juga menggunakan PHP sebagai bahasa pemrograman web dan MySQL untuk pengolahan databasenya. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan yang ada di Best Camp yaitu merancang sistem pengolahan data secara komputerisasi agar mempermudah proses transaksi, pengolahan data, pembuatan laporan serta merancang sistem penyewaan berbasis web sehingga membantu Best Camp dalam melakukan promosi usahanya serta mempermudah konsumen dalam melakukan penyewaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi penyewaan peralatan camping, Metode pengembangan Prototype, Pendekatan Objek, php, website, database MySql.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Manajemen Informatika > Sistem Informasi > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:34
Last Modified: 10 Nov 2017 03:34
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/54491

Actions (login required)

View Item View Item