PENGARUH BRAND EQUITY TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA PRODUK TEH BOTOL SOSRO DI PT SARANASANGGA MEKARLUHUR BANDUNG

Ambar Ratri, Yuni (2004) PENGARUH BRAND EQUITY TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA PRODUK TEH BOTOL SOSRO DI PT SARANASANGGA MEKARLUHUR BANDUNG. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Brand equity merupakan salah satu aset yang dapat memberikan nilai tersendiri dimata konsumen atau pelanggannya. Aset yang dikandungnya dapat membantu konumen dalam menafsirkan, memproses dan menyimpan informasi yang terkait dengan produk dan Brand tersebut. Sedangkan Loyalitas konsumen merupakan aktivitas perusahaan untuk menarik atau membentuk calon pembeli menjadi konsumen atau pelanggan yang loyal. Maksud dan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang Brand equity pada produk Teh Botol Sosro di PT. Saranasangga Mekarluhur Bandung, untuk mengetahui tingkat loyalitas konsumen terhadap produk Teh Botol Sosro di PT. Saranasangga Mekarluhur bandung, untuk mengetahui pengaruh Brand Equity terhadap loyalitas konsumen pada produk Teh Botol Sosro di PT. Saranasangga Mekarluhur Bandung. Dimensi utama dari Brand equity diantaranya yaitu, Brand Awareness,Brand Association, Perceived Quality dan Brand Loyalty. Memiliki Brand Equity yang kuat perusahaan dapat mengembangkan suatu produk baru dan memudahkan perusahaan dalam perluasan lini mereknya. Sedangkan loyalitas konsumen dengan mengetahui pula pembelian yang biasa dilakukan oleh konsumen. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Brand Equity terhadap loyalitas konsumen, dalam penelitian ini digunakan metode deskriptif dan verifikatif. Penelitian deskriptif dilakukan untuk memperoleh gambaran tentang Brand Equity dan loyalitas konsumen. Sedangkan penelitian verifikatif dilakukan untuk mengetahui hubungan antara variabel melalui perhitungan-perhitungan statistik. Berdasarkan hasil penelitian, nilai korelasi antara Brand Equity dengan loyalitas konsuemn sebesar 0,789 dengan koefisien determinasi sebesar 62,25 % yang berarti bahwa Brand Equity dipengaruhi oleh Brand Awareness, Brand Association, Perceived Quality dan Brand Loyalty sebesar 62,25 % terhadap loyalitas konsumen, sedangkan hasil analisis dengan menggunakan Regresi linier Multipel diperoleh hasil yaitu Y=7,266+ -0,768X1+0,534X2+0,219X3+1,362X4, menunjukan bahwa Brand Equity yang memberikan kontribusi paling besar dalam mempengaruhi loyalitas konsumen adalah Brand loyalty yaitu sebesar 1,362. Berdasarkan hasil uji hipotesis (Uji-t) menyatakan bahwa t-hitung 12,190>t-tabel=1,999, dengan demikian Ho ditolak dan H1 diterima sehingga menujukan bahwa pengaruh Brand Equity mempengaruhi loyalitas konsumen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2004
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:40
Last Modified: 16 Nov 2016 07:40
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/5573

Actions (login required)

View Item View Item