Mardiyah, Hidayatul (2017) Analisis Visual Karakter wayang Golek Arjuna Sasrabahu (Studi Kasus Arjuna Sasrabahu Dan Rahwana). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.
Full text not available from this repository.Abstract
Kesenian wayang merupakan sebuah pertunjukan asli Indonesia yang berkembang pesat di Pulau Jawa dan Bali. Pertunjukan ini juga popular di beberapa daerah seperti Sumatera dan semenanjung Malaya, ada beberapa budaya wayang juga terpengaruh oleh kebudayaan Jawa dan Hindu. Wayang adalah sebuah pagelaran yang bersifat menghibur, tetapi juga sara dengan nilai-nilai kehidupan. Bagaimana tidak, wayang merupakan refleksi cerminan dari watak manusia. Salah satu jenis dalam pertunjukan wayang adalah wayang golek, perbedaannya wayang golek yang terbuat dari kayu dan persamaannya tetap dikendalikan oleh dalang, permasalahan yang timbul dalam wayang golek adalah wayang ini sudah sangat kurang peminatnya. Dikarenakan kemajuan teknologi yang sangat pesat sehingga saat ini wayang sudah dilupakan dan semua beralih ke teknologi seperti gadget. Berdasarkan hasil penelitian untuk mengikuti perkembangan jaman dan teknologi saat ini, bukan suatu yang mustahil apabila wayang dibuat menjadi digital agar mampu memenuhi kebutuhan diera teknologi saat ini. Dalam pembuatan sebuah karakter wayang tentu harus ada acuannya, maka dibuatlah analisis ini dengan harapan mampu menjadi referensi dalam pembuatan desain karakter protagonis dan antagonis sebuah wayang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tokoh, Wayang, Makna, Karakter |
Subjects: | ?? UNIK1487 ?? |
Divisions: | Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Desain Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Desain > Desain Komunikasi Visual (S1) |
Date Deposited: | 31 Jan 2019 10:22 |
Last Modified: | 31 Jan 2019 10:22 |
URI: | http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/57426 |
Actions (login required)
View Item |