Efektivitas Pelayanan Izin Trayek Angkutan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) Online Di Dinas Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Jawa Barat

Pratama, Andi (2017) Efektivitas Pelayanan Izin Trayek Angkutan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) Online Di Dinas Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Jawa Barat. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Izin trayek AKDP online merupakan suatu layanan yang ada di DPMPTSP Provinsi Jawa Barat yang dilakukan sebagai upaya meningkatkan pelayanan Perizinan dibidang transportasi darat. Pelayanan Izin Trayek AKDP online diharapkan badan hukum menggunakan fasilitas tersebut untuk memberikan kemudahan dalam proses perizinan. Namun pada kenyataannya masih terdapat permasalahan seperti banyaknya badan hukum yang lebih memilih untuk mengoptimalkan pelayanan secara langsung, karena dianggap lebih efektif, sarana prasarana yang belum maksimal, sumberdaya aparatur dibidang teknis kurang, serta masih kurangnya sosialisasi kepada badan hukum mengenai pelayanan secara online. Teori yang digunakan yaitu teori ukuran Efektivitas dari Sedarmayanti dalam bukunya ��Sumber Daya Manusia dan Produktivitas��. Menurutnya efektivitas suatu program dapat dilihat dari input, proses produksi, hasil dan produktivitas. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini merupakan observasi, studi putaka dan wawancara. Informan penelitian dalam penelitian ini yaitu aparatur DPMPTSP Provinsi Jawa Barat dan Badan Hukum pemilik Trayek AKDP dengan menggunakan teknik purposive. Hasil penelitian menunjukan bahwa Efektivitas Pelayanan izin trayek AKDP Online di DPMPTSP Provinsi Jawa Barat dilihat input belum efektif karena sarana prasarana masih kurang, masih terbatasnya biaya dan SDM yang memiliki keahlian khusus di bidang komputer masih sedikit. Proses produksi belum efektif karena kurang komunikasi sehingga respon masyarakat rendah, media sosialisasi perlu dibenahi. Dilihat dari hasil sudah efektif karena aparatur melayani dengan baik, ramah sehingga masyarakat puas. Dilihat dari produktivitas belum efektif karena dilihat dari tingkat pendidikan, aparatur yang berlatar belakang pendidikan dibidang komputer masih sedikit.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: efektivitas, pelayanan online, Trayek AKDP
Subjects: ?? UNIK1493 ??
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:22
Last Modified: 31 Jan 2019 10:22
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/57762

Actions (login required)

View Item View Item