Pembangunan Sistem Informasi Di CV. Pusaka Menggunakan Pendekatan Supply Chain Management

Saepudin, Adang (2017) Pembangunan Sistem Informasi Di CV. Pusaka Menggunakan Pendekatan Supply Chain Management. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

CV. Pusaka merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang produksi permen gulali coklat yang terletak di kabupaten Garut provinsi Jawa Barat. CV. Pusaka memiliki banyak konsumen pemasaran yang tersebar di daerah Lampung, Jawa Barat, Kalimantan, DKI Jakarta. CV. Pusaka memproduksi 2 jenis permen gulali yaitu permen gulali coklat dan gulali kacang. Saat ini penjualan produk dari konsumen setiap bulannya diketahui tidak menentu, hal ini mengakibatkan bagian produksi mengalami kesulitan dalam memperkirakan jumlah seluruh bahan baku yang akan digunakan. Proses pemesanan bahan baku ke supplier pun sering mengalami kendala pada proses pengiriman, diketahui proses pengiriman bahan baku ini memiliki jeda waktu tunggu mencapai tujuh sampai sepuluh hari, hal ini menyebabkan terhambatnya proses produksi sehingga pengiriman produk jadi ke konsumen mengalami keterlambatan. Tujuannya adalah untuk memudahkan Kepala produksi dalam menentukan jumlah bahan baku yang akan dipesan terhadap supplier untuk memenuhi kebutuhan penjualan produk, dan mempermudah Kepala gudang dalam menentukan proses pendistribusian dengan adanya waktu penjadwalan pengiriman dan distribusi jumlah produk yang tepat. Strategi supply Chain yang digunakan perusahaan adalah push supply Chain, karena perusahaan melakukan proses produksi secara besar (Mass Product). Sistem rantai pasok ini dibangun dari bagian hulu (upstream) sampai bagian hilir (downstream). Metode peramalan kebutuhan bahan baku yang digunakan adalah single exponenstial smoothing. Perhitungan prediksi ketersedian bahan baku di gudang menggunakan metode pengamanan persediaan (Safety Stock). Proses pemesanan bahan baku menggunakan sistem lelang (tender) dan pemesanan langsung. Pengujian sistem merupakan hal terpenting yang bertujuan untuk menemukan kesalahan atau kekurangan pada sistem informasi yang diuji. Berdasarkan hasil pengujian blackbox, dapat disimpulkan bahwa sistem ini telah membantu kepala produksi, dalam menentukan jumlah kebutuhan bahan baku yang harus dipesan ke supplier, untuk memenuhi kebutuhan proses produksi dan mempermudah kepala gudang dalam hal merencanakan jumlah produk jadi dan waktu pendistribusian produk jadi ke konsumen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Supply Chain Management, Single Exponential Smoothing, Safety Stock, Push Supply Chain, Make-To-Stock
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:22
Last Modified: 31 Jan 2019 10:22
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/57788

Actions (login required)

View Item View Item