Sistem Survey Keluhan Pelanggan Pada PDAM Tira Raharja Kabupaten Bandung

Sofyan, Iyan (2018) Sistem Survey Keluhan Pelanggan Pada PDAM Tira Raharja Kabupaten Bandung. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pelayanan terhadap pelanggan yang kurang baik akan membuat hubungan antara perusahaan dengan pelanggan akan menjadi kurang harmonis , hal ini terjadi karena pelayanan yang diberikan perusahaan kepada pelanggan kurang baik. Seperti perusahaan penyedia jasa lainnya PDAM Tirta Raharja dituntut untuk memberikan pelayanan yang optimal ketika pelanggan melaporkan keluhannya, namun yang terjadi pada saat ini tindak lanjut dari laporan keluhan pelanggan tersebut masih berjalan kurang optimal dan memiliki beberapa masalah yaitu form pemeriksaan tidak selalu dibawa oleh Bagian Teknik ketika melakukan proses pemeriksaan keluhan pelanggan, lalu proses pemeriksaan tidak disertai dokumentasi foto, dan terjadinya proses pending hasil pemeriksaan karena data hasil pemeriksaan tidak dilaporkan secara langsung sehingga proses pemeriksaan berjalan kurang efisien Dari banyaknya masalah tersebut dibutuhkan tahapan verifikasi atau survei suatu keluhan teknik ke lokasi sebeneranya untuk memastikan jenis masalah dan siapa yang tepat untuk menyelesaikan masalah tersebut, maka dapat dibangun sebuah ��Sistem Survey Keluhan Pelanggan Pada PDAM Tirta Raharja Kabupaten Bandung��. Pembangunan sistem survei keluhan pelanggan dibangun menggunakan bahasa pemrograman basic4android yang dikonversi menjadi pemrograman java, sedangkan untuk sistem survei back end dibangun menggunakan bahasa pemrograman php. Metode pendekatan sistem yang penulis gunakan dalam penelitian sistem ini yaitu menggunakan metode pemodelan dengan berorientasi objek dan alat yang digunakan yaitu UML (Unified Modeling Language), untuk metode pengembangan sistem penulis menggunakan metode prototype dengan metode ini penulis dan user dapat saling berinteraksi selama proses pembuatan sistem sehingga apabila terjadi kesalahan dapat langsung dievaluasi. Dengan dibangunnya sistem ini diharapkan proses pengelolaan data keluhan dan data pemeriksaan menjadi lebih mudah, lalu dokumentasi survei pemeriksaan dilokasi pelanggan dapat menjadi bukti pemeriksaan yang dilaporakan oleh pelanggan, dan tidak terjadinya proses pending data pemeriksaan keluhan karena data pemeriksaan dikirim secara realtime sehingga mempercepat proses pengelolaan data menjadi lebih mudah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: android, PDAM, survei
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Manajemen Informatika > Sistem Informasi > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:23
Last Modified: 31 Jan 2019 10:23
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/57856

Actions (login required)

View Item View Item