Hotmauli Silaen, Robin (2018) Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Pada Usaha Clothing Loccal Indonesia. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini dilakukan pada konsumen produk Clothing Loccal Indonesia di Dipati Ukur Bandung. Fenomena yang terjadi adalah Clothing Loccal Indonesia mengalami penurunan penjualannya, dikaitkan dengan munculnya clothing pesaing lainnya, hingga mudah berpalingnya konsumen terhadap produk clothing lain. Tujuan penelitian untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Teknologi Informasi dan Inovasi Produk terhadap Keunggulan Bersaing pada produk Clothing Loccal Indonesia secara parsial dan simultan. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif. Unit analisis dalam penelitian ini adalah konsumen berjumlah 660 pada tahun 2016 dengan sampel sebanyak 90 responden. Pengujian statistik yang digunakan adalah uji validitas, reliabilitas, analisis regresi berganda, korelasi, koefisien determinasi, uji hipotesis, dan juga menggunakan bantuan program aplikasi SPSS 21 for windows. Hasil analisis menunjukan Teknologi Informasi kategori cukup baik dengan indikator tertinggi intensitas pemanfaatan dan terendah jumlah aplikasi atau perangkat lunak yang digunakan. Inovasi Produk kategori cukup baik dengan indikator tertinggi produk baru dan terendah perluasan produk. Keunggulan Bersaing kategori cukup baik dengan indikator tertinggi pertahanan ancaman bersaing dan terendah harga bersaing. Secara parsial Teknologi Informasi berpengaruh terhadap Keunggulan Bersaing sebesar 20,9%, Inovasi Produk berpengaruh terhadap Keunggulan Bersaing sebesar 35,9%. Dan secara simultan Teknologi Informasi dan Inovasi Produk memberikan pengaruh terhadap Keunggulan Bersaing sebesar 56,8% yang artinya memberikan hasil positif dan cukup signifikan. Alangkah baiknya Clothing Loccal Indonesia meningkatkan dalam segi pelayanan baik itu kualitas pemanfaatan teknologi informasi dan juga kualitas inovasi produk untuk dapat terus bersaing dan menjadi pilihan utama konsumen di masa sekarang dan di masa yang akan datang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | teknologi informasi, inovasi produk, keunggulan bersaing. |
Subjects: | S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2017 |
Divisions: | Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1) |
Date Deposited: | 31 Jan 2019 10:23 |
Last Modified: | 31 Jan 2019 10:23 |
URI: | http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/57867 |
Actions (login required)
View Item |