Perubahan Tingkat Rasio Utang Melalui Likuiditas Dan Struktur Aktiva Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Pulp Dan Kertas Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Pada Periode 2011-2015

Dewi Aprilianti, Kania (2018) Perubahan Tingkat Rasio Utang Melalui Likuiditas Dan Struktur Aktiva Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Pulp Dan Kertas Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Pada Periode 2011-2015. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Rasio Utang merupakan salah satu pertimbangan pendanaan yang penting agar kinerja keuangan perusahaan dapat berjalan dengan optimal sebagai upaya perusahaan untuk mencapai tujuan. Ada faktor yang berpengaruh terhadap rasio utang yaitu Likuiditas dan struktur aktiva, jika Likuiditas mengalami penurunan dikarenakan melambatanya pertumbuhan kredit perbankan, sementara struktur aktiva mengalami fluktuasi dimana terjadi penurunan disebabkan menurunnya permintaan terhadap komoditas akibat krisis global. Apabila terjadi kenaikan dikarenakan meningkatnya laba bersih di dapatkan perusahaan. Adapun tujuan penelitian : untuk mengetahui Likuiditas, Struktur Aktiva dan Rasio Utang pada perusahaan manufaktur sub sektor pulp dan kertas yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011- 2015 Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa perubahan tingkat rasio utang melalui likuidittas dan struktur aktiva baik secar parsial maupun simultan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif. Dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah laporan keuangan tahun 2011-2015 dari seluruh perusahaan manufaktur sub sektor pulp dan kertas yaitu sebanyak 9 perusahaan. Sample yang digunakan dalah 7 perusahaan manufaktur sub sektor pulp dan kertas yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. jadi jumlah data dalam penelitian ini adalah sebanyak 35 data dengan alat analisis yaitu uji regresi linear berganda, uji asumsi klasik, uji korelasi,uji koefisien determinasi, serta uji hipotesis menggunakan uji-f dan uji-t. dan juga menggunakan program aplikasi SPSS 23.0 for windows sebagai alat bantu analisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Likuiditas, struktur aktiva dan rasio utang mengalami fluktuasi tiap tahunnya. Selanjutnya hasil analisis statistik bahwa secara simultan Likuiditas dan struktur aktiva tidak berpengaruh signifikan terhadap perubahan tingkat rasio utang . sedangkan secara parsial perubahan tingkat rasio utang melalui Likuiditas berpengaruh negatif tidak signifikan. dan perubahan tingkat rasio utang melalui struktura aktiva berpengaruh negatif dan sigifikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Rasio Utang, Likuiditas dan Struktur Aktiva
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:23
Last Modified: 31 Jan 2019 10:23
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/57905

Actions (login required)

View Item View Item