Rancang Bangun Aplikasi Media Pembelajaran Ekstrakurikuler Lego Education Berbasis Mobile Pada Perusahaan SCI-Robo Bandung

Setyawan, Rony (2018) Rancang Bangun Aplikasi Media Pembelajaran Ekstrakurikuler Lego Education Berbasis Mobile Pada Perusahaan SCI-Robo Bandung. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

SCI-ROBO adalah salah satu perusahaan di bidang pendidikan Lego Education yang bekerja sama dengan beberapa sekolah dasar yang ada di Bandung. Berdasarkan hasil wawancara kepada trainer, bahwa trainer terkadang kesulitan dalam menjelaskan materi. Kemudian dari hasil kuisioner kepada siswa-siswa, bahwa saat pembelajaran kesulitan dalam membuat project Lego karena panduan hanya menunjukan gambar tema dari setiap materi, kemudian masalah lain yang dihadapi ketika project yang sudah selesai dibuat, siswa-siswa ingin membawa pulang project yang dibuat, namun karena part Lego hanya dipinjamkan sehingga siswa-siswa tidak bisa membawa pulang project untuk mereka pelajari. Berdsarkan masalah yang telah diuraikan maka aplikasi yang dibuat berbasis mobile android, serta memiliki fitur simulasi 3D dan menu materi level Robotic kelas 5. Aplikasi ini dibangun menggunakan tools Leocad untuk bojek 3d Lego, Blender untuk membuat animasi dan unty3D sebagai pembuat aplikasi. Kemudian pengujian aplikasi menggunakan metode blackbox dan UAT. Hasil dari penelitian ini, dengan adanya aplikasi ini lebih dari 70% mempermudah siswa dalam mempelajari ekstrakurikuler Lego education dan mempermudah trainer untuk menjelaskan materi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Ekstrakurikuler, Lego Education, Media Pembelajaran, Lego, Robotic
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:23
Last Modified: 31 Jan 2019 10:23
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/57947

Actions (login required)

View Item View Item