Fajar Firdaus, Agung (2018) Strategi Komunikasi Pemasaran Divisi Pemasaram Divisi Pemasaran Dan Kerjasama Balai Besar Bahan Dan Barang Teknik (B4T) Bandung. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Komunikasi Pemasaran Divisi Pemasaran Dan Kerjasama Balai Besar Bahan Dan Barang Teknik (B4T) Bandung melalui kegiatan seminar diseminasi dalam mengembangkan pelayanan jasa teknik. Penelitian ini untuk menjawab tujuan penelitian, maka fokus penelitian ini adalah mengenai Strategi Komunikasi Pemasaran yang dilihat dari Penetapan sasaran, Tujuan, Pesan, Media, Promotional Mix, dan Evaluasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, sedangkan desain penelitian yang digunakan studi deskriptif. Proses pemilihan informan menggunakan teknik snowball sampling dengan 2 informan kunci dan 3 informan pendukung. Selain itu, teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam, dokumentasi, referensi buku, penelitian terdahulu dan pencarian data di internet. Teknik analisa data yang digunakan adalah model siklus Miles dan Huberman untuk membahas mengenai permasalahan penelitian. Hasil penelitian diperoleh bahwa strategi komunikasi pemasaran yang di laukukan B4T yang tinjau dari Penetapan Sasaran sudah tepat menetapkan sasaran peserta seminar, Karena sesuai dengan temanya yaitu Pemerintah, Industriawan, Akademisi, Asosiasi Baterai dan UKM yang di undang melalui telephone, Email dan POS. Tujuan yang ingin dicapai B4T Bandung Menyebarluaskan hasil penelitian & pengembangan dan perekayasaan yang telah dilakukan oleh B4T kepada masyarakat industri. Pesan yang disampaikan adalah menyebarluaskan inovasi teknologi hasil penelitian, pengembangan dan perekayasaan terapan yang telah siap diterapkan masyarakat industri selain itu teknik penyampaian pesan menggunakan pesan langsung atau transper knowledge atau disampaikan melalui sesi tanya jawab pada seminar itu berlangsung. Media yang digunakan B4T Bandung adalah media pers yaitu TV (Tv one, R Tv), Koran (Koran bisnis, PR, dan Kompas) media cetak lainnya yaitu (Flyer, pamphlet, brosur, spanduk dan jurnal) serta media online yaitu Website B4T Bandung. Pengembangan Promotional Mix yaitu dilakukannya personal selling hanya kepada calon peserta yang sudah dikenal baik, seminar dibatasi oleh tema dan kapasitas, sedangkan kegiatan humas yang dilakukan adalah memberi apresiasi yang berpotensial untuk mengaplikasikan penelitian pengembangan dan perekayasaan baru yang dialkukan oleh B4T Bandung. Evaluasi yang dilakukan dengan cara menyebar kuisioner yang nantinya dihimpun dalam sebuah data base. Kesimpulan pada penelitian ini bahwa Strategi Komunikasi Pemasaran yang dilakukan Divisi Pemasaran Dan Kerjasama Balai Besar Bahan Dan Barang Teknik (B4T) Bandung sudah sesuai dengan tahapantahapan yang sudah direncanakan sejak awal dengan baik, sesuai dengan strategi komunikasi pemasaran meskipun ada beberapa kekurangan, kekurangan mengenai pesan yang disampaikan harus jelas untuk menentukan keberhasilan tujuan yang ingin dicapai, pengembangan Promotional Mix harus tepat dan waktu yang ditentukan harus tepat. Saran yang peneliti berikan adalah Merancang isi pesan yang jelas untuk menentukan keberhasilan tujuan yang ingin dicapai, lalu Waktu yang tepat dan jelas pada acara-acara tertentu khususnya pada acara seminar diseminasi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Komunikasi Pemasaran, Seminar Diseminasi, B4T Bandung |
Subjects: | S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2017 |
Divisions: | Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1) |
Date Deposited: | 31 Jan 2019 10:23 |
Last Modified: | 31 Jan 2019 10:23 |
URI: | http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/58002 |
Actions (login required)
View Item |