Pengaruh Manajemen Laba Dan Tata Kelola Perusahaan Terhadap Agresitivitas Pajak (studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2015)

Kezia, Inten (2018) Pengaruh Manajemen Laba Dan Tata Kelola Perusahaan Terhadap Agresitivitas Pajak (studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2015). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini dilakukan di perusahaan sektor manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2011-2015. Fenomena yang terjadi di beberapa perusahaan sektor manufaktur yakni mengalami kenaikan nilai agresivitas pajak (ETR) yang diindikasikan dengan penurunan nilai manajemen laba (DTA) dan kenaikan nilai kepemilikan institusional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh manajemen laba dan tata kelola perusahaan melalui proksi kepemilikan institusional terhadap agresivitas pajak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Unit analisis dalam penelitian ini adalah laporan keuangan tahunan perusahaan yang diambil pada tahun 2011 - 2015. Data dianalisis dengan menggunakan regresi linier berganda. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan statistik uji statistik t dengan SPSS 16.0 untuk Windows.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen laba berpengaruh positif signifikan terhadap agresivitas pajak sedangkan tata kelola perusahaan dengan proksi kepemilikan institusional berpengaruh negative signifikan terhadap agresivitas pajak pada perusahaan sektor manufaktur yang tercatat di Bursa Efek Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Manajemen laba, tata kelola perusahaan, kepemilikan institusional, agresivitas pajak.
Subjects: ?? UNIK1488 ??
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:23
Last Modified: 31 Jan 2019 10:23
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/58071

Actions (login required)

View Item View Item