Pengaruh Leverage Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Pertanian Dan Perkebunan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2015

Rudiyanto (2018) Pengaruh Leverage Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Pertanian Dan Perkebunan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2015. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Kinerja keuangan suatu perusahaan dapat dilihat dari beberapa penilaian atau rasio. Nilai Perusahaan (PBV) merupakan salah satu rasio dalam menilai kinerja keuangan. Rasio ini dilihat dari nilai buku perusahaan dibagi dengan jumlah saham yang beredar. Leverage merupakan kebijakan pendanaan yang berkaitan dengan keputusan perusahaan dalam membiayai perusahaan. Sedangkan ukuran perusahaan adalah suatu skala dimana dapat diklasifikasikan sebagai besar kecilnya perusahaan dengan berbagai cara antara lain dengan total aset perusahaan, log size, nilai pasar saham, dan lain-lain. Selain itu, ukuran perusahaan juga dapat digambarkan melalui total aktiva, jumlah penjualan, ratarata penjualan aset dan rata-rata total aktiva perusahaan. Leverage dan ukuran perusahaan merupakan variabel yang dapat menentukan berfluktuasinya nilai perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh leverage dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan baik secara simultan maupun parsial. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode desktiptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah laporan keuangan perusahaan pertanian dan perkebunan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2011-2015. Sampel dalam penelitian ini adalah 6 perusahaan pertanian dan perkebunan. Pengujian statistik yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik, uji koefisien korelasi pearson, uji koefisien determinasi, uji hipotesis, dan menggunakan program bantuan aplikasi SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian menunjukan secara simultan leverage dan ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Sedangkan secara parsial menunjukan bawa leverage berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan dan ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Keduanya sama-sama memiliki pengaruh yang signifikan. Namun diantara dua variabel ini, pengaruh leverage terhadap nilai perusahaan memiliki nilai yang lebih kuat dibanding pengaruh ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Leverage, Ukuran Perusahaan dan Nilai Perusahaan
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:23
Last Modified: 31 Jan 2019 10:23
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/58100

Actions (login required)

View Item View Item