Made Andi Dwipayana, I (2018) Sistem Informasi Pelayanan Kesehatan Pasien Pada Klinik Rahmat Sentosa Di Bandung. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.
Full text not available from this repository.Abstract
Klinik Rahmat Sentosa adalah fasilitas kesehatan masyarakat di kota Bandung yang ingin melayani pasien dengan sepenuh hati, tetapi seiring berjalannya waktu dan jumlah pasien yang mengunjungi Klinik Rahmat Sentosa, terkadang merasa sulit untuk mengatur dan menyimpan file pasien yang berobat. Dengan sistem informasi digunakan di klinik ini masih dengan cara, mengecek di buku besar yang membuatnya sulit untuk menemukan dan mengelola data pada pasien. Perkembangan teknologi informasi berjalan sangat pesat. Sudah menjadi kebutuhan bagi setiap instansi atau perusahaan baik yang kecil maupun yang besar untuk memanfaatkan teknologi informasi sebagai alat bantu dalam mengefektifkan dan mengefisienkan suatu pekerjaan. Yaitu dengan menggunakan suatu sistem yang terkomputerisasi dan terintegrasi sutau pekerjaan dapat dilakukan dengan efektif dan efisien. Pengelolaan data merupakan suatu hal yang sangat penting dalam berjalannya suatu perusahaan atau intansi, dimana dalam menyajikan informasi dituntut untuk akurat, mudah dan cepat di peroleh. Hal ini dapat dibantu dengan suatu sistem yang terkomputerisasi. Dengan dilakukannya proses pengelolaan data secara terkomputerisasi, maka pekerjaan-pekerjaan tersebut dapat dilakukan dengan akurat, mudah dan cepat. Selain itu, belum adanya sistem pengelolaan data dengan database yang terintegrasi menyebabkan proses pembuatan laporan kunjungan pasien oleh asisten dokter tetap dilakukan dengan cara manual yaitu dengan mencatat ulang data pasien dan rekam medik dari buku daftar kunjungan pasien. Proses ini dirasakan kurang efektif, dikarenakan petugas klinik seringkali mendapatkan hambatan pada saat pencarian data pasien ketika dibutuhkan apabila data pasien yang ada cukup banyak. Maka dari itu, dengan skripsi ini peneliti membuat sistem informasi untuk membantu pasien terhadap layanan kesehatan pasien klinik sehingga pasien merasa dilayani dengan baik dan cepat. Aplikasi ini menggunakan metode deskriptif untuk melakukan pengamatan, pengumpulan data, dan menggambarkan kegiatan yang sedang berjalan. Sistem pengembangan metode yang digunakanadalah metode prototype dan menggunakan metode pendekatan terstruktur. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah Php dan phpMyAdmin untuk database. Dengan aplikasi layanan kesehatan klinik ini diharapkan dapat membantu asisten, dokter, dan masyarakat yang berada dalam lingkungan klinik untuk mendapatkan pelayanan kesehatan benar dengan baik, cepat dan efisien.diharapkan dapat mudah dioprasikan, sehingga lebih efektif dan efisien dalam melakukan proses pendaftaran baru, pembuatan kartu pasien, pencatatan hasil pemeriksaan, pembayaran, dan pencatatan obat. Tidak ada lagi penumpukan kartu rekam medis dilemari arsip. Dapat menghemat waktu dan mempermudah petugas klinik dalam mengola data pembayaran dan pengontrolan obat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sistem informasi, Pelayanan kesehatan |
Subjects: | ?? UNIK1506 ?? |
Divisions: | Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1) |
Date Deposited: | 31 Jan 2019 10:24 |
Last Modified: | 31 Jan 2019 10:24 |
URI: | http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/58692 |
Actions (login required)
View Item |