Seliwati (2018) Analisis Antarmuka Dan Layanan Pada Website Mahasiswa Menggunakan Kansei Engineering Dan Kano (studi Kasus: Jurusan Sistem dan Teknik Komputer UNIKOM). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.
Full text not available from this repository.Abstract
Website merupakan salah satu produk teknologi informasi yang menjadi antarmuka bagi pengguna internet. Desain tampilan dan layanan website dikembangkan dengan dasar fungsi dan kegunaan dari website itu sendiri. Web adalah website yang menyediakan manfaat tertentu yang dibuat sedemikian rupa mencoba menuruti selera para pengunjung baik dari segi tampilan dan layanan. Kansei Engineering adalah sebuah teknologi yang menterjemahkan perasaan konsumen kedalam desain produk dan metode kano yang digabungkan dengan model webqual untuk menganalisis layanan website.Penelitian ini mencoba menerapkan metode Kansei Engineering untuk merancang sebuah desain tampilan website jurusan Sistem dan Teknik Komputer dan kaloborasi Kano dan Webqual untuk menganalisis layanan website Jurasan Sistem dan Teknik Komputer. Penelitian ini menggunakan Kansei Words untuk mendeteksi perasaan pengguna website. Daftar Kansei Word yang digunakan sebanyak 20 kata yang berhubungan dengan tampilan website webiste. Spesimen website sejenis yang digunakan sebanyak 5 spesimen. Sedangkan analisis layanan memiliki 3 dimensi yaitu dimensi usability terdapat 9 atribut, dimensi information 8 atribut dan dimensi service interaction 8 atribut Penelitian ini melibatkan 30 responden. Hasil kuisioner analisis tampilan dari responenden diolah dengan menggunakan analisis statistik multivariat yakni Factor Analysis (FA) dan analisis Partial LeastSquare (PLS) dan hasil kuisioner analisis layanan diolah dengan bantuan Metode Kano. Penelitian ini menghasilkan satu faktor utama yang berpengaruh dalam tampilan website yaitu ��segar�� dan untuk layanan prioritas pertama atribut yang perlu ditingkatkan terdapat 1 atribut dari dimensi usability, information quality dan service interaction, prioritas kedua atribut yang perlu ditingkatkan 3 atribut dari information quality, 1 atribut dari service interaction. prioritas ketiga atribut yang perlu ditingkatkan satu atribut dari usability dan satu atribut dari information quality. Prioritas pertama yang harus dipertahankan 3 atribut dari information quality dan service interaction. Prioritas keduayang harus dipertahankan 7 atribut dari usability, 4 atribut dari service interaction.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Website, Kansei Engineering, Webqual 4.0, Metode Kano, Multivariat |
Subjects: | ?? UNIK1528 ?? |
Divisions: | Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM |
Date Deposited: | 31 Jan 2019 10:24 |
Last Modified: | 31 Jan 2019 10:24 |
URI: | http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/58878 |
Actions (login required)
View Item |