Kajian Desain Karakter Hero Strength Dota 2 Dengan Peran Initiator Dan Durable

Yockie Ariadiningrat, Mochamad (2018) Kajian Desain Karakter Hero Strength Dota 2 Dengan Peran Initiator Dan Durable. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Dota 2 merupakan game online strategi bergenre Multiplayer Online Battle Arena, permainan ini merupakan salah satu permainan online terbesar yang melibatkan dua tim secara online dengan menggunakan Hero untuk merebut kemenangan. Dalam survei platform game steam yang dikeluarkan oleh situs steamspy.com, Dota 2 memiliki pemain aktif dalam platform steam terbanyak di Indonesia, hal tersebut membuktikan antusias pemain game Indonesia terhadap Dota 2 begitu besar. Dota 2 memiliki 3 jenis kategori Hero yaitu Strength, Agility, dan Intelligent yang ketiganya memiliki jumlah tertentu. Pertempuran merupakan momen menentukan untuk kemenangan, oleh sebab itu Hero dengan peran Initiator dan Durable sangat dibutuhkan untuk memulai pertarungan. Hero strenght merupakan kategori dengan peran Initiator dan Durable terbanyak dengan 3 Hero, yaitu Axe, Centaur, dan Tidehunter. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kajian desain karakter Hero strength dalam Dota 2 dengan mengidentifikasi elemen-elemen visual sehingga dapat merepresentasikan bentuk fantasi yang tidak didasari oleh anatomi bentuk manusia normal. Metode kualitatif Deskriptif dengan analisis Contrapposto dan analisis Head Length yang dikemukakan oleh Francis Tsai digunakan untuk mengidentifikasi fitur-fitur desain karakter Hero Strength Dota 2 yaitu Axe, Centaur, dan Tidehunter. Istilah Contrapposto adalah sebuah kata bahasa Italia yang berarti 'counter pose' yang berfungsi memberi patokan pose tubuh berdiri dengan garis-garis melalui pinggul dan ujung bahu berlawanan arah dengan titik tengah gravitasi di tengahnya, sehingga menciptakan komposisi desain karakter yang seimbang. Sementara analisis Head-Length digunakan untuk memeberikan penilaian proporsi tubuh dengan dilihat dari jumlah kepala yang diukur melaui tinggi karakter, sehingga proporsi tubuh dapat diidentifikasi melalui jumlah kepala. Hasil penelitian menunjukkan terbentuknya perspektif baru dalam bentuk Hero Strenght dengan desain yang memiliki penggambaran khas, memiliki otot, tubuh yang besar, kostum yang beragam dengan ciri elemen yang diadaptasi dari gaya eropa abad pertengahan. Ciri kekuatan juga ditampilkan dari special effect kemampuan Hero yang dikeluarkan ketika bertarung yang merepresentasikan kekuatan cahaya yang muncul sehingga memiliki kesan alam fantasi yang kuat. Hero Dota 2 memiliki bentuk desain karakter kombinasi antara dunia nyata dan dunia mitologi, hal tersebut dikarenakan latar dari dunia Dota 2 sejak awal mengambil tema fairy tale yang didalamnya terdapat unsur-unsur kekuatan dan makhluk khayalan. Kekuatan khayalan / imajinasi tersebutlah yang menjadi kekuatan dari karakter Dota 2 sehingga para pemain dapat merasakan sensasi berada di ��dunia�� yang berbeda ketika bermain. Aspek inilah yang tidak didapatkan dibandingkan dengan game lainnya yang mengambil tema dunia nyata. Studi ini memberikan referensi untuk penelitian lebih lanjut tentang desain karakter serta rekomendasi visual desain karakter Strength dalam pengembangan karakter desain video game di masa mendatang. Karakter game pada karakter fantasi adalah salah satu aspek yang menjadi perhatian pemain selain pada cara kerja game itu sendiri, sehingga perancangan karakter game harus dilakukan secara seksama dan memasukan banyak unsur imajinasi dari bentuk-bentuk lain agar sebuah karakter desain memiliki nilai dan karakteristik bentuk yang tidak dimiliki oleh karakter lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Desain karakter, Hero Strength, Kajian Desain, Elemen Visual, Bentuk Fantasi.
Subjects: ?? UNIK1529 ??
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:24
Last Modified: 31 Jan 2019 10:24
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/58895

Actions (login required)

View Item View Item