Perbaikan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Pendekatan Customer Relationship Management (CRM) Di PT. Marga Nusantara Persada

Salman Al Farizi, Diki (2018) Perbaikan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Pendekatan Customer Relationship Management (CRM) Di PT. Marga Nusantara Persada. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

PT. Marga Nusantara Persada merupakan perusahaan konsultan nasional yang bemberikan jasa profeional dalam bidang perencanaan sipil, tata lingkungan, jasa survey, dan jasa inspeksi. Terdapat dua kelompok pelayanan jasa pada PT. Marga Nusantara Persada yaitu jasa desain teknik pelabuhan dan jasa pembangunan pelabuhan. PT. Marga Nusantara persada pada saat ini menerima keluhan dalam bentuk email yang dikirim oleh konsumen PT. Marga Nusantara Persada, akibat belum memiliki survey kepuasan konsumen PT. Marga Nusantara Persada kesulitan untuk merekomendasikan saran perbaikan kualitas pelayanan yang sesuai dengan harapan dan kebutuhan konsumen dan mengurangi keluhan yang ditujukan kepada perusahaan.Dari permasalahan tersebut memunculkan gagasan untuk menerapkan sistem informasi Customer Relationship Managament, yang didalamnya dapat membantu tim pengaduan PT. Marga Nusantara Persada dalam merekomendasikan saran perbaikan kualitas pelayanan pada PT. Marga Nusantara Persada. Penilaian kualitas pelayanan dihitung menggunakan metode Fuzzy Service Quality (Servqual). Setelah melalui tahap pengujian, sistem informasi ini dapat mengatasi masalah yang terjadi. PT. Marga Nusantara Persada Bandung dapat mengetahui indikator kualitas pelayanan yang belum memuaskan konsumen dan memberikan rekomendasi perbaikan pelayanan pada PT. Marga Nusantara Persada dengan menggunakan metode Fuzzy Service Quality (Servqual).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Customer Relationship Management, Service Quality, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan
Subjects: ?? UNIK1502 ??
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:24
Last Modified: 31 Jan 2019 10:24
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/58900

Actions (login required)

View Item View Item