Alat Pengubah Keasaman Air Hujan Untuk Penyiraman Tanaman Anggrek

Fajar Ikhsan, Zulfikar (2018) Alat Pengubah Keasaman Air Hujan Untuk Penyiraman Tanaman Anggrek. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Tanaman Anggrek merupakan tanaman hias yang sangat populer dan langka sehingga saat ini banyak usaha yang dilakukan untuk menciptakan bunga anggrek yang bagus, Untuk penyiramannya harus diperhatikan kadar pH yang sesuai untuk dapat tumbuh dengan baik, pH yang dibutuhkan oleh tanaman anggrek ini yaitu minimal 5 dan maksimal 7, Sedangkan air hujan di indonesia rata-rata bersifat asam dan akan mempengaruhi pada pertumbuhan tanaman diatas. Berdasarkan masalah diatas maka diperlukan alat untuk tetap dapat memanfaatkan air hujan untuk penyiraman tanaman khususnya tanaman anggrek. Alat tersebut menggunakan Arduino Mega bekerja sebagai pengontrol alat, Sensor pH bekerja untuk membaca pH air dimana pada pengujiannya terdapat persentase error sampai dengan 12%, Sensor Kelembaban Tanah bekerja untuk membaca kelembaban tanah dimana pada pengujiannya telah sesuai membaca kelembaban tanah pada kondisi kering maupun lembab, Sensor Ultrasonik bekerja membaca jarak air pada ember dimana pada pengujiannya jarak yang diukur telah sesuai, dan Kapur Gamping bekerja untuk menaikan pH air hujan dimana pada pengujiannya untuk menaikan pH dari 4,5 menuju 7 dibutuhkan waktu 237 menit sampai dengan 299 Menit .

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Anggrek, Arduino Mega, Sensor pH, Sensor Kelembaban Tanah, Sensor Ultrasonik, Pompa, Kapur Gamping.
Subjects: ?? UNIK1532 ??
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:24
Last Modified: 31 Jan 2019 10:24
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/58914

Actions (login required)

View Item View Item