Pembangunan Aplikasi Multimedia Pembelajaran Interaktif Bahasa Arab Kelas Vii Di Mts. Wahdah Islamiyah Gorontalo

Sarnianty Achmad, Putri (2018) Pembangunan Aplikasi Multimedia Pembelajaran Interaktif Bahasa Arab Kelas Vii Di Mts. Wahdah Islamiyah Gorontalo. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Bahasa Arab merupakan mata pelajaran yang wajib dilulusi siswa di Madrasah Tsanawiyah Wahdah Islamiyah yang bertempat di kabupaten Bone Bolango, Gorontalo. Berdasarkan hasil kuesioner awal yang telah dibagikan kepada 33% responden dari 54 jumlah populasi siswa, bahwa 89% siswa cenderung kesulitan mengekspresikan kata dalam kalimat Bahasa Arab. Selain itu, dalam pembelajaran Bahasa Arab hanya menekankan pada menyalin dan menghafal saja. Tujuan pembangunan aplikasi multimedia pembelajaran interaktif, Bahasa Arab, untuk membantu siswa dalam meningkatkan penguasaan kosakata melalui latihan mengekspresikan ide dalam kalimat sederhana. Di samping itu, pembangunan sistem aplikasi ini dapat memicu meningkatnya minat belajar siswa, melalui sentuhan teknologi multimedia interaktif yang dibangun dengan memanfaatkan Augmented Reality. Pembangunan Aplikasi multimedia Interkatif Bahasa Arab ini menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) menurut Luther-Sutopo, dengan langkah-langkah terdiri, concept development, design, material collection, assembly, testing, and distribution. Adapun metode pembelajaran menggunakan metode Computer Assisted Instruction (CAI) dengan model tutorial, simulasi, drill and practice. Sistem aplikasi ini, telah disiapkan pula ruang (space) bagi guru melakukan updating materi pelajaran dan soal-soal latihan; sekaligus siswa dapat melakukan latihan (Quiz). Sistem ini diuji dengan pengujian Black Box dan User Acceptance Test. Dalam point pengujian sistem dapat memenuhi kebutuhan pembelajaran Bahasa Arab tersebut diperoleh 83% dari skor presentase yang diharapkan: 100 %; Artinya penerimaan pengguna berada pada daerah sangat setuju. Hal ini dapat diambil kesimpulan bahwa sistem multimedia tersebut dapat memenuhi kebutuhan pembelajaran Bahasa Arab. Kata kunci: Multimedia, Pembelajaran Interaktif, Kosakata, Augmented Reality, Bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Multimedia, Pembelajaran Interaktif, Kosakata, Augmented Reality, Bahasa Arab.
Subjects: ?? UNIK1502 ??
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:25
Last Modified: 31 Jan 2019 10:25
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/59404

Actions (login required)

View Item View Item