Alauddin Iribaram, Babullah (2018) Kualitas Pelayanan Pembuatan Kartu Keluarga Pada Kecamatan Coblong Kota Bandung. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini beranjak dari keinginan terwujudnya kualitas pelayanan pada nyatanya kepemilikan Kartu Keluarga belum sesuai dengan jumlah rasio penduduk yang wajib memiliki Kartu Keluarga, kurangnya memberikan informasi yang faktual kepada masyarakat serta belum meratanya sosialisasi dan penyuluhan pentingnya memiliki Kartu Keluarga, selain itu kurangnya kedisiplinan aparatur dan tanggung jawabnya atas pekerjaan untuk melayani masyarakat. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kualitas pelayanan dari Sinambela mengemukakan bahwa untuk mencapai kepuasan dituntut kualitas pelayanan prima yang tercermin dari Transparansi, Akuntabilitas, Kondisional, Partisipatif, Kesamaan Hak, da Keseimbangan Hak dan Kewajiban. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui studi pustaka, studi lapangan, observasi, serta dengan melakukan wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah Aparat Kecamatan Coblong Kota Bandung bagian Pelayanan Pembuatan Kartu Keluarga dengan menggunakan teknik purposive sampling dan masyarakat dengan menggunakan teknik accidental dan purposive. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa pelayanan yang diberikan oleh Kecamatan Coblong Kota Bandung berjalan belum berjalan dengan baik, masyarakat yang sedang membuat maupun perbaikan Kartu Keluarga merasa dilayani dengan baik dan sesuai dengan peraturan dan prosedur yang telah ditetapkan. Hanya saja masih terdapat beberapa yang menjadi penghambat yang menjadi faktornya khusunya peran masyarakat dalam kepemilikan Kartu Keluarga masih kurang dari jumlah rasio yang diwajibkan memiliki kartu keluarga karena sosialisasi yang belum merata serta belum melebarnya penyuluhan pentingnya mempunyai kartu keluarga oleh Aparat Kecamatan Coblong Kota Bandung.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kulitas Pelayanan, Kinerja Aparatur , Kartu Keluarga |
Subjects: | ?? UNIK1533 ?? |
Divisions: | Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan (S1) |
Date Deposited: | 31 Jan 2019 10:25 |
Last Modified: | 31 Jan 2019 10:25 |
URI: | http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/59644 |
Actions (login required)
View Item |