Dahliani Putri, Ratih (2005) PENGARUH BAURAN ECERAN (RETAILING MIX) TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA SUPERINDO CABANG DAGO BANDUNG. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.
Full text not available from this repository.Abstract
Perkembangan bisnis ritel moderen di Indonesia dari tahun ketahun sangat pesat, dengan rata-rata pertumbuhan 15 % pertahun. Hal ini ditandai dengan bermunculannya pusat-pusat perbelanjaan berupa pertokoan, departement store, minimarket, supermarket sampai hypermarket. Hal ini menimbulkan tingkat persaingan yang tinggi diantara para peritel tersebut. Mereka dituntut untuk dapat menerapkan & melaksanakan suatu bauran usaha eceran yang tepat sehingga konsumen dalam memenuhi semua kebutuhan & keinginannya akan selalu datang ke tempat mereka. Superindo cabang Dago Bandung sebagai salah satu supermarket yang ikut terjun dalam bisnis eceran, tidak terlepas dari kondisi tersebut. Oleh karena itu Superindo cabang Dago Bandung juga dituntut untuk melaksanakan suatu bauran usaha eceran yang tepat sehingga konsumen dalam memenuhi kebutuhan & keinginannya, mereka akan mencarinya di Superindo cabang Dago Bandung. Apalagi selama beberapa tahun ini telah terjadi penurunan jumlah pelanggan yang datang ke Superindo cabang Dago Bandung. Maka dari itu penulis tertarik mengambil penelitian dengan judul “Pengaruh Bauran Eceran (Retailing Mix) Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Superindo Cabang Dago Bandung”. Metode penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif analisis dan metode penelitian verifikatif. Sampel dari penelitian ini sebanyak 95 orang yang merupakan pelanggan atau pengunjung yang melakukan transaksi di Superindo cabang Dago Bandung. Untuk dapat menganalisis sejauh mana pengaruh bauran usaha eceran terhadap loyalitas pelanggan, maka dilakukan uji statistik dengan menggunakan analisis korelasi Rank Spearman, dimana untuk memudahkan dalam proses pengolahan data penulis menggunakan Software SPSS 12.0 for Windows. Dari hasil wawancara dan kuesioner yang disebarkan kepada responden, diketahui bahwa pihak Superindo cabang Dago Bandung telah melaksanakan bauran usaha eceran dalam upaya untuk menjaga loyalitas pelanggannya. Hasil akhir yang diperoleh dari penelitian dan pengolahan data bahwa pelaksanaan bauran usaha eceran yang dilakukan oleh Superindo cabang Dago Bandung mempunyai pengaruh sebesar 27,5 % terhadap loyalitas pelanggannya. Sedangkan sisanya sebesar 72,5 % dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti oleh penulis.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2005 |
Divisions: | Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1) |
Depositing User: | Admin Repository |
Date Deposited: | 16 Nov 2016 07:41 |
Last Modified: | 16 Nov 2016 07:41 |
URI: | http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/6084 |
Actions (login required)
View Item |