Rahmat, Agus (2005) PENGARUH STRATEGI BERSAING TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN UNTUK MEMBELI TIKET PENERBANGAN BANDUNG - JAKARTA PADA PT.BOURAQ INDONESIA AIRLINES. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.
Full text not available from this repository.Abstract
Dalam upaya mencapai tujuan perusahaan, di era yang hiper competitive ini, suatu usaha apapun bentuknya perlu mengkaji ulang berbagai segi terkait dalam strategi pemasarannya. Salah satu strategi yang dapat dilaksanakan adalah strategi bersaing. Penelitian ini dilaksanakan di PT.Bouraq Indonesia Cabang Bandung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi bersaing yang dilaksanakan oleh PT, serta menguji pengaruh secara bersama maupun individual strategi bersaing terhadap keputusan konsumen untuk membeli tiket pesawat penerbangan Bandung - Jakarta di PT.Bouraq Cabang Bandung. Populasi penelitian adalah konsumen PT.Bouraq Cabang Bandung, dari bulan Juni sampai dengan Juli yang berjumlah 180 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah survey. Proses penarikan sampel dilakukan dengan teknik Adelman Hall. Adapun ukuran sampel minimal adalah 54 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan mengadakan wawancara. Dalam penelitian ini analisis data dilakukan dengan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi bersaing yang terdiri dari strategi keunggulan biaya menyeluruh, strategi diferensiasi, dan strategi fokus yang dilaksanakan oleh PT.Bouraq Indonesia Cabang Bandung berdasarkan tanggapan responden masuk dalam klasifikasi baik. Sedangkan keputusan konsumen untuk membeli tiket di PT.Bouraq Indonesia Cabang Bandung berdasarkan tanggapan responden berada dalam klasifikasi cukup, hal ini berarti strategi bersaing tersebut belum tersosialisasi secara sempurna pada segmen yang dituju. Strategi bersaing yang terdiri dari strategi keunggulan biaya menyeluruh, strategi diferensiasi, dan strategi fokus secara bersama berpengaruh terhadap keputusan konsumen untuk membeli tiket, dengan besarnya pengaruh adalah 45,3%. Dengan demikian terdapat pengaruh variabel luar sebesar 55,7%. Adapun secara individual strategi keunggulan biaya menyeluruh berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen membeli tiket, sedangkan strategi diferensiasi dan fokus secara individual tidak berpengaruh terhadap keputusan konsumen untuk membeli tiket penerbangan Bandung - jakarta di PT.Bouraq Indonesia Cabang Bandung.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2005 |
Divisions: | Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1) |
Depositing User: | Admin Repository |
Date Deposited: | 16 Nov 2016 07:41 |
Last Modified: | 16 Nov 2016 07:41 |
URI: | http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/6280 |
Actions (login required)
View Item |