FUNGSI SERTA PERANAN BADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN DALAM PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN

Perdana, Andrial (2006) FUNGSI SERTA PERANAN BADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN DALAM PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Kerja Praktek merupakan program intra kurikuler dengan tujuan utama untuk memberikan pendidikan yang lebih spesifik dan mengarah pada kemampuan professional mahasiswa yang pelaksanaanya berkolerasi dengan peluang kerja, keterapilan serta pengembangan diri. Kegiatan Kerja Praktek (KP) ini, melibatkan berbagai media atau sarana yang terdapat dalam masyarakat, yaitu pendidikan tinggi sebagai pusat dari aktifitas pembelajaran mahasiswa dengan bantuan perusahaan, instansi, kantor-kantor hukum, notariat serta berbagai struktur kelembagaan lainnya dimana mahasiswa terlibat langsung didalamnya, dimana hasilnya diharapkan akan terjadi hubungan yang signifikan antara kebutuhan dunia kerja dengan lulusan yang dihasilkan oleh lembaga pendidikan. Tujuan diadakannya Kegiatan Kerja Praktek (KP) oleh Fakultas Hukum Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM) ini, adalah untuk membangun karakter serta kemampuan lulusan agar dapat beradaptasi serta memiliki peluang yang mampu memanfaatkan ilmu yang diperoleh secara maksimal di perguruan tinggi. Selain itu pula Kegiatan Kerja Praktek juga merupakan perpaduan yang signifikan dari unsur-unsur Tri Dharma Perguruan Tinggi, yang meliputi pedidikan dan pengajaran, penelitian serta pengabdian pada masyarakat dalam satu paket kegiatan yang mengarah pada terciptanya 3 (tiga) komponen kecerdasan manusia secara utuh yaitu: kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan kecerdasan spiritual. Kegiatan Kerja Praktek yang diadakan di Fakultas Hukum Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM) merupakan kegiatan intra kulikuler yang wajib di ikuti oleh seluruh mahasiswa dengan praktek lapangan sebanyak 168 jam atau setara dengan 3 SKS sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan studi. Hal ini didasarkan pada SK Mendiknas RI No.232 / U / 2000 Tentang Peoman Penyusunan Kurikulum Perguruan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa dan surat SK Dekan No.104/KP/DEKAN/FH/UNIKOM/IX/2005 Tentang Penyebaran Mata Kuliah Kurikulum Baru dan kegiatan Kerja Praktek di Universitas Komputer Indonesia. Maka dari itu penulis mengikuti Kegiatan Kerja Praktek (KP) di Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK). Penulis memilih Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) sebagai tempat untuk mengikuti kegiatan Kegiatan Kuliah Kerja (KK/Magang), karena hal tersebut merupakan suatu hal yang menarik untuk di kaji dan diteliti. Sehingga dengan mengikuti kegiatan Kegiatan Kerja Praktek (KP) ini diharapkan penulis akan lebih mengetahui mengenai bagaimana proses penyelesaian sengketa yang dilakukan oleh Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) dalam permasalahan yang berhubungan dengan konsumen, selain itu pula penulis dapat membandingkan antara pengetahuan teoritis yang telah didapat oleh penulis dari perkuliahan dengan pemahaman praktis yang diperoleh penulis selama melaksakan Kegiatan Kerja Praktek ini. Dalam pelaksanaan Kegiatan Kerja Praktek di Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen ditempatkan di bagain kesekretariatan yang mempunyai tugas untuk, menerima permohonan sengketa konsumen baik secara tertulis maupun lisan, mencatat jalannya proses sengketa konsumen, menyimpan berkas laporan, menjaga barang bukti, membantu menyampaikan putusan kepada konsumen dan pelaku usaha, membuat berita acara persidangan dan hal-hal lain yang menyangkut kesekretariatan.

Item Type: Article
Subjects: Laporan Kerja Praktek > Fakultas Hukum > 2006
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Hukum
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:42
Last Modified: 16 Nov 2016 07:42
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/6827

Actions (login required)

View Item View Item