Yulianti, Farida (2021) 12-isu-isu Yang Menjadi Sorotan Konsumen Dan Lembaga Konsumen Selama Pandemi Covid-19. [Teaching Resource]
|
Text
12-ISU-ISU PERLINDUNGAN KONSUMEN SELAMA MASA PANDEMI.pdf - Published Version Download (263kB) | Preview |
Abstract
Hukum Perlindungan Konsumen Pada masa awal Pandemi Covid-19 lalu kita sama-sama dikagetkan dengan berita munculnya kenaikan harga masker sebagai suatu alat untuk mencegahan penyebaran virus Covid-19. Dalam situasi Pandemi Covid-19 di Indonesia, kegiatan jual membeli untuk barang-barang tertentu muncul dalam jumlah yang cukup tinggi. Karakteristik konsumsi publik pun berubah. Bukan hanya dari sisi bisnis saja, kecenderungan konsumen yang beralih ke transaksi lewat toko daring pun berdampak di sisi perlindungan data pribadi konsumen. Dinamika kasus konsumen pada masa Pandemi Covid-19 muncul secara berbeda. Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi membeberkan isu-isu yang menjadi sorotan konsumen dan lembaga konsumen selama pandemi Covid-19. Isu-isu tersebut berkaitan dengan alat kesehatan produk kefarmasian yang mahal dan langka, relaksasi produk jasa finansial, sulitnya refund tiket pesawat dan hotel, fenomena tagihan listrik yang melonjak, keandalan, pelayanan dan belanja internet, komersialisasi dan efektivitas rapid test sebagai persyaratan perjalanan/aktivitas serta klaim kesembuhan obat Covid-19.
Item Type: | Teaching Resource |
---|---|
Subjects: | Materi Kuliah Online > Materi Kuliah Tahun 2021 |
Divisions: | Universitas Komputer Indonesia |
Depositing User: | Admin Repository |
Date Deposited: | 04 Jul 2021 17:00 |
Last Modified: | 04 Jul 2021 17:00 |
URI: | http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/68617 |
Actions (login required)
View Item |