Pelayanan Publik Berbasis Digital

Trisantosa, I Nyoman and Kurniasih, Dewi and Hubeis, Musa (2022) Pelayanan Publik Berbasis Digital. Deepublish.

[img]
Preview
Text
B.A.23.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
B.A.23_SIM.pdf

Download (35MB) | Preview

Abstract

Buku berjudul Pelayanan Publik Berbasis Digital ini membahas prolog hingga epilog tentang pentingnya era digital beserta penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), terutama e- government, e-commerce, dan e-service. Hal ini tentunya memberikan dampak positif bagi mobilitas masyarakat di perkotaan maupun di perdesaan dalam menuju era New Normal, yaitu berubah atau adaptif atau mati dalam menghadapi pandemi Covid-19. Untuk itu, perlu perubahan dan strategi baru, di antaranya pelayanan publik dengan menggunakan bantuan teknologi internet atau sistem online dengan model kegiatan fleksibel yang lebih cerdas, atau sesuai kebutuhan dan kemampuan masyarakatnya. Secara lebih spesifik yang perlu ditindaklanjuti dari buku ini adalah bagaimana dapat menerima sepenuhnya teknologi digital di era pandemi Covid-19 dan era New Normal. Untuk itu diperlukan persiapan transformasi total, dengan tahapan berikut: Jika masih beroperasi dalam sistem analog maka kini waktunya memulai prakarsa transformasi digital yang dimaksud melalui kesiapan sumber daya manusia (SDM) yang siap akan perubahan; mengalokasikan dana untuk investasi pada teknologi/sistem yang baru; dan melakukan evaluasi secara berkala.

Item Type: Book
Subjects: E-Books
Divisions: Universitas Komputer Indonesia
Depositing User: Dr Dewi Kurniasih
Date Deposited: 05 Apr 2023 07:47
Last Modified: 05 Apr 2023 07:47
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/69739

Actions (login required)

View Item View Item