Analisis Market Review: Pengidentifikasian dan Penentuan Posisi Dominan pada Pasar Layanan Sewa Jaringan Tetap Tertutup di Indonesia

'-, Siti Kurnia Rahayu Analisis Market Review: Pengidentifikasian dan Penentuan Posisi Dominan pada Pasar Layanan Sewa Jaringan Tetap Tertutup di Indonesia. '-. (Unpublished)

[img] Text
Analisis MR Pengidentifiaksian dan Penentuan Posisi DOminan pada pasar layanan Sewa Jartaptup.pdf

Download (1MB)

Abstract

Abstrak Market Review ini bertujuan untuk mengidentifikasi Relevant Market dalam layanan sewa jaringan tertutup dan menentukan posisi dominan pelaku usaha di pasar tersebut. Layanan sewa jaringan tertutup merupakan pasar yang digunakan oleh penyelenggara jaringan telekomunikasi dan penyelenggara jasa telekomunikasi untuk mendukung layanan yang mereka sediakan. Penyelenggara layanan sewa jaringan bertujuan untuk memiliki pertumbuhan pasar yang terus meningkat, market share yang tinggi, dan kemampuan bersaing dengan kompetitor. Pada tahap Pengidentifikasian Relevant Market, dilakukan analisis perilaku konsumen dan produsen dalam pasar layanan sewa jaringan. Informasi dan temuan yang dikumpulkan dari studi ini digunakan untuk pendefinisian pasar yang dapat mempengaruhi persaingan usaha dan kekuatan pasar. Relevant Market yang ditentukan akan menjadi dasar untuk analisis persaingan pasar dan identifikasi potensi penyalahgunaan posisi dominan. Market Review ini terdiri dari empat tahapan kajian. Tahap pertama adalah Pengidentifikasian Relevant Market, yang mencakup layanan sewa jaringan retail dan wholesale. Tujuannya adalah memastikan bahwa dominasi dalam layanan wholesale tidak mengakibatkan biaya berlebihan pada layanan retail. Tahap kedua adalah Penentuan Posisi Dominan, yang melibatkan variabel market share dan struktur pasar dalam Relevant Market. Tahap ketiga adalah Analisis Persaingan Pasar, yang melibatkan evaluasi persaingan usaha dalam layanan sewa jaringan tertutup. Tahap terakhir adalah Perumusan Peraturan terkait penyalahgunaan posisi dominan. Melalui Market Review ini, diharapkan dapat diperoleh pemahaman yang komprehensif tentang pasar layanan sewa jaringan tertutup di Indonesia. Hasil kajian ini diharapkan dapat digunakan sebagai acuan untuk pengambilan keputusan yang tepat dalam pengembangan industri telekomunikasi. Dengan demikian, diharapkan dapat tercipta persaingan usaha yang sehat, pertumbuhan industri yang berkelanjutan, dan pemerataan akses layanan telekomunikasi di seluruh wilayah Indonesia. Kata Kunci: Market Review, Relevant Market, Layanan Sewa Jaringan Tertutup, Posisi Dominan, Persaingan Usaha.

Item Type: Article
Subjects: KOLEKSI Perpustakaan UNIKOM Pusat
Depositing User: Dr. Siti Kurnia Rahayu Djoko Purwanto
Date Deposited: 27 May 2023 05:55
Last Modified: 27 May 2023 05:55
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/70081

Actions (login required)

View Item View Item