ANALISIS SISTEM PELAYANAN STASIUN PENGISIAN BAHAN BAKAR UMUM (SPBU) DIPATI UKUR BANDUNG

Riyanto, Agus (2017) ANALISIS SISTEM PELAYANAN STASIUN PENGISIAN BAHAN BAKAR UMUM (SPBU) DIPATI UKUR BANDUNG. In: SEMINAR NASIONAL & KONFERENSI FORUM MANAJEMEN INDONESIA (FMI) KE-9. Forum Manajemen Indonesia Korwil Jawa Tengah.

[img] Text
11. FMI - ANALISIS SISTEM PELAYANAN STASIUN PENGISIAN BAHAN BAKAR UMUM (SPBU) - FULL.pdf

Download (1MB)

Abstract

Manajemen pelayanan yang ada pada masing-masing Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum atau yang selanjutnya di singkat SPBU milik Pertamina memiliki standar yang baku dalam memfungsikan mesin pompa dan menjalankan sistem pelayanan 3S yaitu senyum, salam dan sapa. Namun, seringkali terjadi kendala berupa lamanya pelayanan yang diberikan membuat terjadinya antrian kendaraan. Pelayanan yang diberikan oleh SPBU kepada konsumen dengan memisahkan jalur antrian berdasarkan jenis kendaraan tentunya harus dianalisa tingkat utilitas penggunaannya. Promodel sebagai salah satu aplikasi software berbasis window merupakan software aplikasi berupa simulasi yang dapat ditampilkan dalam bentuk simulasi. Promodel berperan penting menganalisa sistem pelayanan dan antrian di SPBU. Utilitas pelayanan yang tertinggi berdasarkan antrian kendaraan terjadi pada antrian di bahan bakar premium/pertalite untuk sepeda motor sebesar 92,01%. Hal ini terjadi dikarenakan di area SPBU memang banyak lokasi perumahan dan kost yang masyarakatnya menggunakan sepeda motor. Utilitas pelayanan yang tertinggi kedua terjadi di antrian bahan bakar solar untuk mobil yaitu sebesar 88,45%. Hal ini disebabkan di area Dipatiukur banyak kendaraan rental atau travel yang menggunakan solar. Untuk mengurangi antrian pelayanan di mesin operasi bahan bakar premium/pertalite bagi sepeda motor dan di mesin operasi bahan bakar solar yang memiliki utilitas penggunaan pelayanan tertinggi, diharapkan pihak manajemen SPBU Dipatiukur menambah fasilitas pelayanan di dua mesin operasi bahan bakar tersebut. Hal ini untuk mengurangi antrian yang panjang sehingga waktu pelayanan yang diberikan bisa menjadi lebih cepat.

Item Type: Book Section
Subjects: Prosiding
Depositing User: Yudha Taufik Nugraha
Date Deposited: 11 Dec 2023 08:09
Last Modified: 11 Dec 2023 08:09
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/70518

Actions (login required)

View Item View Item