Solihin, Olih and Ruli, Muhammad and Siregar, Ballian (2023) Transformasi budaya digital: Interaksi komunikasi Interpersonal Penjual dan pembeli. Media Bahasa, Sastra, dan Budaya Wahana, 29 (1). pp. 1-8. ISSN 08535876, 26224356
|
Text
Transformasi budaya digital Interaksi komunikasi Interpersonal Penjual dan pembeli.pdf Download (618kB) | Preview |
|
|
Text
Turnitin_komunikasi_Interpersonal_Penjual_dan_pembeli_unlocked.pdf Download (339kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis transformasi budaya digital dalam interaksi komunikasi interpersonal antara penjual dan pembeli melalui layanan pesan antar makanan online di kalangan mahasiswa Bandung. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskritif. Penelitian ini menghasilkan dua temuan utama yaitu proses komunikasi dan hambatan komunikasi. Proses komunikasi, menunjukkan bahwa layanan pesan antar makanan online memungkinkan penjual dan pembeli untuk berinteraksi secara virtual melalui platform digital. Mereka dapat melakukan transaksi, bertukar informasi, dan memberikan umpan balik dengan mudah. Hambatan komunikasi dalam interaksi antara penjual dan pembeli melalui layanan pesan antar makanan online. Hambatan-hambatan tersebut termasuk keterbatasan ekspresi emosi, ketidakjelasan komunikasi tulisan, dan risiko keamanan informasi. Untuk mengatasi hambatan-hambatan ini, penjual dan pembeli perlu mengembangkan keterampilan komunikasi yang baik dan memahami dinamika komunikasi dalam lingkungan digital. Simpulannya, bahwa transformasi budaya digital telah membawa perubahan signifikan dalam interaksi komunikasi interpersonal antara penjual dan pembeli melalui layanan pesan antar makanan online. Meskipun terdapat hambatan komunikasi, teknologi digital memberikan manfaat dalam mempercepat proses komunikasi dan memperluas ruang interaksi antara penjual dan pembeli. Penting bagi penjual dan pembeli untuk memahami dan mengatasi hambatan-hambatan tersebut guna memastikan komunikasi yang efektif dan memuaskan dalam lingkungan digital yang terus berkembang. Kata kunci: Digital, Transformasi budaya, digital, layanan pesan antar makanan, mahasiswa
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Jurnal Tercetak |
Divisions: | Universitas Komputer Indonesia |
Depositing User: | Muhamad Heru Nuralam |
Date Deposited: | 28 Feb 2025 03:22 |
Last Modified: | 28 Feb 2025 07:53 |
URI: | http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/70824 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |