KOMUNIKASI DIGITAL UNTUK MOTIVASI GENERASI Z MENINGKATKAN KETERLIBATAN DALAM BIDANG PERTANIAN INDONESIA

Solihin, Olih and Anggreany, Shinta and Rais, Rismawaty and Siregar, Ballian (2023) KOMUNIKASI DIGITAL UNTUK MOTIVASI GENERASI Z MENINGKATKAN KETERLIBATAN DALAM BIDANG PERTANIAN INDONESIA. Forum Penelitian Agro Ekonomi, 41 (2). pp. 79-95. ISSN 02164361, 25802674

[img]
Preview
Text
KOMUNIKASI DIGITAL UNTUK MOTIVASI GENERASI Z MENINGKATKAN KETERLIBATAN DALAM BIDANG PERTANIAN INDONESIA.pdf

Download (479kB) | Preview
[img] Text
TURNITIN_KETERLIBATAN_DALAM_BIDANG_PERTANIANINDONESIA_unlocked.pdf

Download (381kB)

Abstract

Sektor pertanian yang sangat penting untuk ketahanan pangan suatu negara mengalami berbagai permasalahan salah satunya adalah, rendahnya keterlibatan Generasi Z di sektor pertanian. Penelitian ini bertujuan mengalisis strategi komunikasi digital dalam meningkatkan motivasi Generasi Z dalam bidang pertanian. Metode penelitian menggunakan literature review dan dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa komunikasi digital memiliki peranan penting dan signifikan dalam meningkatkan keterlibatan Generasi Z di bidang pertanian di Indonesia. Melalui media sosial, aplikasi seluler, podcast, dan platform digital berbagi pengetahuan, Generasi Z dapat mengakses informasi, memperoleh inspirasi, berinteraksi dengan komunitas, dan terlibat dalam kegiatan pertanian secara online. Faktor-faktor yang memengaruhi motivasi Generasi Z dalam pertanian, antara lain pendidikan digital, pendidikan dan pelatihan, keluarga, kesadaran lingkungan, keterlibatan komunitas, dan kecenderungan Generasi Z terhadap teknologi. Strategi komunikasi digital yang efektif dalam memotivasi Generasi Z meliputi kampanye digital, kontes, dan kolaborasi dengan influencer digital. Pendekatan kreatif ini dapat meningkatkan minat dan keterlibatan Generasi Z dalam pertanian. Komunikasi digital berdampak positif dalam pengembangan pertanian berkelanjutan, membangun kesadaran, pengetahuan dan partisipasi terhadap kegiatan pertanian di Indonesia. Generasi Z kurang tertarik pertanian, butuh komunikasi digital kreatif melalui media sosial, aplikasi, dan influencer untuk dorong pertanian berkelanjutan di Indonesia. Kata kunci: generasi z, komunikasi digital, pertanian, strategi

Item Type: Article
Subjects: Jurnal Tercetak
Divisions: Universitas Komputer Indonesia
Depositing User: Muhamad Heru Nuralam
Date Deposited: 28 Feb 2025 03:34
Last Modified: 28 Feb 2025 07:54
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/70826

Actions (login required)

View Item View Item