R and Awp, Santana (2006) MENGGALAKAN MINAT BACA ANAK SEKOLAH DASAR Melalui Media Cerita Bergambar. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.
Full text not available from this repository.Abstract
Saat ini Indonesia banyak mengalami ketinggalan dalam perkembangan IPTEK, salah satu permasalahan yang dihadapinya yaitu kurang siap sumberdaya manusia yang berpotensi dan berkualitas. Hal ini disebabkan karena kurang wawasan dalam ilmu pengetahuan yang harus dimiliki sehingga informasi tentang perkembangan IPTEK kurang dapat diserap. Sedangkan informasi tentang IPTEK lebih banyak berupa bacaan, berupa buku - buku , majalah – majalah, bulletin – buletin yang berisi bermacam – macam artikel yang ditulis oleh orang-orang ternama, dan sebagainya. Maka salah satu jalan keluarnya harus digalakkan minat baca pada masyarakat Indonesia. (http;As They Grow - Parents Guide Magazine.htm) Minat baca harus sudah dimulai ditanamkan sejak dini, mulai dari taman kanak-kanak dan sekolah dasar. Karena pada saat itu otak anak sedang dalam masa perkembangan yang cukup cepat dan menangkap respon yang sangat baik. Pada saat ini minat baca dikalangan anak-anak pada umumnya dikategorikan masih rendah. Memprihatinkannya minat baca pada anak-anak dapat dilihat dari perkembangan anak mulai dari rumah, sekolah dan lingkungan sekelilingnya. Untuk memulai merangsang anak menggemari membaca yang berperan cukup besar yaitu disekolah sendiri. Karena di sekolah guru memegang peranan yang sangat penting untuk merangsang anak gemar membaca dan juga fasilitas sekolah yang harus memadai, seperti perpustakaan, alat peraga dan lain-lain. Dengan keadaan seperti ini, diupayakan meningkatkan minat baca pada anak harus dimulai dari keadaan di sekolah, metode pengajaran guru yang tepat, fasilitas yang memadai dan memperhatikan kondisi anak itu sendiri. Program menggalakkan minat baca yang dilakukan pemerintah Kota Madya Bandung pada saat ini masih kurang memadai dalam pelaksanaannya. Program yang telah dilakukan hanya dengan memberikan buku-buku pada pihak perpustakaan sekolah yang ditunjuk oleh PEMDA itu sendiri. Buku-buku yang ditargetkan oleh sekolah- sekolah saat ini belum terpenuhi seluruhnya, buku-buku yang ada masih seadanya dan kurang adanya sesuatu yang dapat menarik anak untuk datang ke perpustakaan sekolahnya sendiri. Hal ini karena kurangnya media pendukung dan dorongan dalam menggalakkan minat baca.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | S1-Final Project > Fakultas Desain > Desain Komunikasi Visual > 2006 |
Divisions: | Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Desain Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Desain > Desain Komunikasi Visual (S1) |
Depositing User: | Admin Repository |
Date Deposited: | 16 Nov 2016 07:43 |
Last Modified: | 16 Nov 2016 07:43 |
URI: | http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/7639 |
Actions (login required)
View Item |