PERSEPSI KOMUNITAS UNDERGROUND PADA EVENT BANDUNG INDIE MOVEMENT TERHADAP DAYA TARIK CELEBRITY ENDORSER SEBAGAI POSISIONING IKLAN DI ANONIM WARDROBE

Ramadhan Jl, Ahmad (2006) PERSEPSI KOMUNITAS UNDERGROUND PADA EVENT BANDUNG INDIE MOVEMENT TERHADAP DAYA TARIK CELEBRITY ENDORSER SEBAGAI POSISIONING IKLAN DI ANONIM WARDROBE.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Persepsi komunitas underground terhadap daya tarik Celebrity Endorser pada Event Bandung Indie Movement. Sehingga untuk dapat melihat seberapa besar pengaruhnya, peneliti mencoba untuk menganalisis bentuk pengemasan pesan yang dilakuan oleh Celebrity Endorser pada Event Bandung Indie Movement, kredibilitas yang seperti apa yang dimiliki oleh Celebrity Endorser dalam menyuguhkan live performance dan sejauhmana perhatian, pengertian, serta penerimaan komunitas Underground terhadap daya tarik Celebrity Endorser yang disampaikan dalam Event Bandung Indie Movement. Tipe penelitian ini adalah kuantitatif. Sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah metode Survey dengan tekhnik analisis Korelasional. Sebagian besar data dikumpulkan melalui angket, serta didukung oleh studi literatur. Unit samplingnya adalah seluruh komunitas Underground yang hadir di Event Bandung Indie Movement pada tanggal 22 Juni 2006, dengan populasi sebesar 106 orang, maka diperoleh sampel sebanyak 53 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah Simple Random Sampling yaitu pengambilan sampel secara acak sederhana. Sebelum dilakukan penyebaran angket, peneliti terlebih dahulu melakukan uji validitas dan reliabilitas pada setiap item pertanyaan yang ada dalam angket dengan menggunakan program SPSS 11.5. Data yang diperoleh dari hasil penyebaran angket, diberi skor, dianalisa dan diolah dengan menggunakan Skala Likert dan Koefisien Korelasi Jenjang Spearman (The Spearman Rank Order Correlation Coefficien, Rs) pada program SPSS 11.5. Hasil penelitian menunjukan bahwa bentuk pengemasan pesan yang disampaikan Celebrity Endorser pada Event Bandung Indie Movement menggunakan format kolaborasi dari tiga macam bentuk daya tarik, yaitu daya tarik moral, rasional, dan emosional, sehingga besarnya pengaruh antara bentuk pengemasan pesan dengan persepsi komunitas Underground adalah sebesar 34,80%. Celebrity Endorser juga sudah mempunyai kredibilitas yang cukup baik, hal ini dapat terlihat dari besarnya pengaruh kredibilitas Celebrity Endorser dengan persepsi komunitas Underground yaitu sebesar 34,80%. Tetapi responden mempunyai perhatian yang kurang baik yaitu sebesar 12,64%. Namun pengertian responden terhadap daya tarik Celebrity Endorser yang disampaikan dalam Event Bandung Indie Movement sudah cukup baik yaitu sebesar 18,02%. Dan perhatian responden terhadap daya tarik Celebrity Endorser juga sudah cukup baik yaitu sebesar14,74%. Sehingga secara umum persepsi komunitas Underground dipengaruhi oleh daya tarik Celebrity Endorser dan secara keseluruhan sudah besar. Hal ini terlihat dari besarnya korelasi antara persepsi komunitas Underground dengan daya tarik Celebrity Endorser yaitu sebesar 0,975 atau 34,80% yang berarti kuat, searah, dan signifikan. Ho ditolak dengan demikian H1 diterima atau berarti ada pengaruh antara persepsi komunitas Underground terhadap daya tarik Celebrity Endorser pada Event Bandung Indie Movement.

Item Type: Article
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2006
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:43
Last Modified: 16 Nov 2016 07:43
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/7658

Actions (login required)

View Item View Item