PENGARUH STORE ATMOSPHERE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI MINIMARKET INDOMARET CIMAHI

Suaidi, Muhammad (2006) PENGARUH STORE ATMOSPHERE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI MINIMARKET INDOMARET CIMAHI.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Bisnis eceran ( retail ) merupakan salah satu bisnis yang berkembang pesat saat ini ,untuk mennghadapi persaingan yang ketat dengan perusahaan lain yang sejenis dalam menguasai konsumen, maka salah satu pemasaran yang harus dilakukan oleh retailer yaitu dengan menciptakan store atmosphere baik. Store atmosphere tersebut terdiri dari : Eksterior, General Interior, Store Lay Out, dan Interior Point of Purchase Display. Pengelolaan store atmosphere yang baik bertujuan untuk menarik konsumen dan dapat mempengaruhi tingkat keputusan pembelian, serta dapat mempengaruhi konsumen untuk dapat melakukan pembelian diluar apa yang direncanakan (unplanned purchase). Untuk mengetahui bagaimana pengaruh store atmosphere terhadap keputusan pembelian, maka dilakukan penelitian pada minimarket Indomaret di Cimahi, adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Deskriptif dan Verifikatif. Berdasarkan hasil penelitian bahwa tingkat keputusan pembelian pada minimarket Indomaret sangat tinggi. Hal ini diakibatkan karena store atmosphere pada minimarket Indomaret dikelola dengan baik. Disamping itu juga perusahaan berusaha selalu meningkatkan pelayanan terhadap para konsumen. Sehingga kebutuhan dapat terpenuhi. Setelah dilakukan pengolahan data dengan menggunakan korelasi rank spearman maka daidapat angka +0,953. yang artinya angka tersebut menunjukkan hubungan kedua variabel kuat dan searah. Koefisien determinasi sebesar 90,82 % hal ini mengungkapkan bahwa store atmosphere mempengaruhi keputusan pembelian sebesar 90,82 %, sedangkan sisanya sebesar 9,18 % dipengaruhi oleh faktor lain, yaitu harga, desain produk, dan faktor lainnya yang tidak diteliti oleh penulis. Berdasarkan penelitian yang dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa keputusan pembelian dipengaruhi oleh store atmosphere.Jika store atmosphere dilakukan atau diterapkan oleh perusahaan dengan baik maka keputusan pembelian dalam toko akan meningkat, dengan kata lain peningkatan keputusan pembelian selalu dibarengi dengan peningkatan pelaksanaan store atmosphere.

Item Type: Article
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2006
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:43
Last Modified: 16 Nov 2016 07:43
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/7666

Actions (login required)

View Item View Item