Erlanggawiguna, Dian (2006) PRODUK KEBUDAYAAN POPULER JEPANG (Berdasarkan Produk Kebudayaan Populer Jepang yang Paling Banyak Diulas di Animonster).
Full text not available from this repository.Abstract
Saat ini kata anime maupun manga sudah tidak asing lagi di telinga kita setidaknya ditelinga penulis sendiri, hal itu dikarenakan setiap hari tayangan-tayangan anime dapat kita jumpai melalui berbagai stasiun televisi yang ada di Indonesia. Semakin banyaknya tayangan-tayangan tersebut menyebabkan munculnya berbagai media yang memberikan informasi-informasi mengenai hal tersebut. Dengan pertimbangan bahwa setiap manusia membutuhkan hiburan untuk melepas diri sejenak dari kepenatan hidup, maka munculah ide awal untuk mendirikan penerbit Megindo Tunggal Sejahtera di Bandung pada 1996. Dari permulaan, Megindo berkomitmen untuk memberikan rasa dan warna baru dalam dunia publishing Indonesia serta mengutamakan bacaan yang menghibur dan mendidik. Hal ini diwujudkan dengan menerbitkan majalah dan buku-buku yang mengulas seputar dunia hiburan dan hobi. Dimulai dengan menerbitkan beberapa majalah yang membahas video games dari sudut yang berbeda, seperti MGI dan Game 13th. Kemudian dilanjutkan dengan konsep yang lebih matang lewat kemunculan 3 produk unggulan Megindo. Yang pertama adalah GameStation, yaitu majalah bulanan yang membahas secara fokus perkembangan dunia video games di Indonesia . Kemudian disusul pula dengan majalah bulanan Animonster yang lebih ‘melirik' ke arah Jepang, dengan mengupas fenomena animasi, komik dan musik Jepang di Indonesia. Dan bagi para penggemar film dan musik, Megindo menerbitkan majalah bulanan Cinemags sebagai media yang paling lengkap mengulas bidang hiburan ini. Menapaki usia 8 tahun, kini Megindo memperbaharui komitmennya untuk tampil sebagai perusahaan penerbitan yang paling proaktif, dinamis, kreatif, dan dekat dengan pembacanya. Mempertahankan prestasi yang sudah dicapai lewat ke-3 produk unggulannya yang menjadi market leader pada masing-masing bidang, memang bukanlah perkara yang mudah, namun dengan semangat untuk selalu memberikan yang terbaik bagi pembaca setianya yang tersebar di seluruh Indonesia , Megindo akan tetap hadir dan berkarya untuk menyemarakkan perkembangan dunia media cetak Indonesia . Setelah genap 1 tahun GameStation pertama kali terbit, Megindo memutuskan untuk menerbitkan sebuah majalah baru yang membahas lebih kepada animasi dan komik. Keputusan ini diambil setelah menganalisa kemungkinan perkembangan animasi dan komik Jepang di Indonesia akan sangat baik pada tahun-tahun mendatang. Ditambah lagi, sebenarnya ada keterkaitan antara videogames [yang selama ini diulas lengkap dalam GameStation] dengan anime [animasi Jepang] dan manga [komik Jepang]. Dan nampaknya komunitas penggemar anime dan manga ini sudah mulai terbentuk saat itu. Awalnya Animonster terbit dwimingguan dalam bentuk semi tabloid yang full color. Setelah beberapa kali mengalami penambahan halaman akhirnya pada volume 20, Animonster melakukan perubahan besar dalam isi, desain layout, maupun formatnya. Sejak saat itulah Animonster menjadi majalah bulanan pertama di Indonesia yang mengulas lengkap tentang anime, manga, J-music dan J-culture Kini anime telah menjadi tren dikalangan anak muda Bandung hal itu dapat dilihat dari berbagai model rambut yang mengikuti tokoh atau karakter dari anime atau manga. Selain anime dan manga, musik Jepang atau lagu berbahasa Jepang juga banyak diminati di Indonesia hal tersebut dimungkinkan karena mendapat pengaruh dari anime. Berdasarkan latar belakang diatas penulis tertarik untuk lebih mengetahui tentang produk kebudayaan populer Jepang.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Laporan Kerja Praktek > Fakultas Sastra > Sastra Jepang > 2006 |
Divisions: | Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Sastra Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Sastra > Sastra Jepang (S1) |
Depositing User: | Admin Repository |
Date Deposited: | 16 Nov 2016 07:43 |
Last Modified: | 16 Nov 2016 07:43 |
URI: | http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/7743 |
Actions (login required)
View Item |