HUBUNGAN KUALITAS INTERAKSI GURU DAN SISWA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMU KARYA PEMBANGUNAN 2 BANDUNG

U L I A N T I, Y (2006) HUBUNGAN KUALITAS INTERAKSI GURU DAN SISWA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMU KARYA PEMBANGUNAN 2 BANDUNG. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Proses belajar mengajar adalah proses interaksi komunikasi dua arah, komunikasi antara guru sebagai komunikator kepada siswa sebagai komunikan, dan mata pelajaran sebagai pesan. Agar mata pelajaran dapat dipahami diperlukan kualitas interaksi guru dan siswa yang baik agar dapat memotivasi siswa dalam belajar. Hal ini sedang diterapkan pada guru-guru pada saat proses belajar mengajar berlangsung di SMU karya Pembangunan 2 Bandung. Penelitian ini dilakukan di SMU Karya Pembangunan 2 Bandung dengan maksud untuk mengetahui sejauhmana hubungan antara kualitas interaksi guru dan siswa terhadap motivasi belajar siswa di SMU Karya Pembangunan 2 Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode korelasional. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, studi pustaka dan angket. Teknik pengambilan sample menggunakan rumus Yamane. Teknik analisa data adalah dengan teknik uji Spearman dengan menggunakan program SPSS 11.5. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hubungan kredibilitas terhadap motivasi belajar siswa adalah sebesar 76% yang berarti cukup tinggi, hubungan antara aspek interaksi guru dan siswa terhadap motivasi belajar siswa adalah sebesar 76% yang berarti cukup tinggi, hubungan antara motivasi intrinsik terhadap kualitas interaksi guru dan siswa adalah sebesar 76% yang berarti cukup tinggi, hubungan antara motivasi ekstrinsik terhadap kualitas interaksi guru dan siswa adalah sebesar 76% yang berarti tinggi, hubungan antara kualitas interaksi guru dan siswa terhadap motivasi guru dan siswa adalah sebesar 76% yang berarti hasil pengolahan data dan pengujian hipotesis menunjukan bahwa semakin baik kualitas interaksi guru dan siswa, maka semakin baik pula motivasi belajar siswa di SMU Karya Pembangunan 2 Bandung. Kesimpulan yang diperoleh adalah adanya hubungan yang baik antara kualitas interaksi guru dan siswa terhadap motivasi belajar siswa di SMU Karya Pembangunan 2 Bandung yang sebesar 76%, yang berarti cukup tinggi Saran penulis adalah selalu dilakukan peningkatan terhadap kualitas interaksi guru dan siswa dimana hal ini memiliki peranan yang penting dalam memotivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2006
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:43
Last Modified: 16 Nov 2016 07:43
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/7775

Actions (login required)

View Item View Item