Djuhaeti, Lisna (2006) PELAKSANAAN PENGAGENDAAN SURAT-SURAT MASUK DENGAN MENGGUNAKAN SISTEM NOMOR PADA BAGIAN KESEKRETARIATAN DI KANTOR PELAYANAN PAJAK BUMI. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.
Full text not available from this repository.Abstract
Komunikasi merupakan sarana penting dalam dunia bisnis, pemerintahan, pendidikan, baik perorangan maupun kelompok. Salah satu bentuk komunikasi yang sering digunakan adalah surat. Surat merupakan alat atau sarana untuk menyampaikan pernyataan atau informasi secara tertulis dari pihak satu pada pihak lainnya. Informasi ini dapat berupa pemberitahuan, pernyataan, permintaan, laporan, sanggahan, pemikiran, pertanyaan, dan sebagainya. Untuk mempermudah proses penanganan surat, suatu perusahaan atau organisasi membagi surat menjadi dua macam, yaitu surat masuk dan surat keluar. Masalah penanganan surat masuk merupakan masalah utama didalam menjaga keutuhan informasi yang pada suatu saat akan dibutuhkan oleh suatu perusahaan atau organisasi karena surat masuk yang ditangani suatu instansi atau perusahaan mempunyai nilai yang sangat berharga, baik sebagai bahan pembuktian, atau bahan komunikasi yang menunjukan kegiatan hidup (dinamika) dalam suatu instansi yang bersangkutan. Berdasarkan penelitian yang telah penulis lakukan, proses pengagendaan surat masuk dengan menggunakan sistem nomor belum praktis dan efisien. Hal ini disebabkan tidak adanya komputer pada bagian kesekretariatan di KP PBB Bandung Satu, sehingga surat-surat yang masuk hanya diagendakan secara manual menggunakan buku agenda yang dapat mempersulit pencarian surat-surat masuk tersebut. Adapun macam-macam surat masuk atau surat yang diterima pada bagian kesekretariatan di Kantor Pelayanan Pajak Bumi dan Bangunan Bandung Satu adalah surat penting, surat biasa atau rutin, surat pribadi dan surat rahasia. Penanganan surat masuk pada bagian kesekretariatan di Kantor Pelayanan Pajak Bumi dan Bangunan Bandung Satu menggunakan sistem nomor pada buku agenda. Kelebihan dari penggunaan sistem nomor adalah sekretaris atau petugas kearsipan tidak membutuhkan banyak waktu dalam hal pencatatan maupun penemuan kembali surat masuk tersebut apabila sewaktu-waktu informasi atau data mengenai surat masuk tersebut diperlukan. Metode pengumpulan data dalam penyusunan laporan Tugas Akhir ini menggunakan metode deskriptip analisis, dan teknik pengumpulan datanya melalui Library Research (Penelitian Kepustakaan), Field Research (Penelitian Lapangan), Observasi Participant, dan Wawancara (Interview). Maka dengan alasan tersebut penulis menuangkan bahasan ini dengan tujuan semoga menjadi bahan acuan, pegangan, dan perbandingan bagi penulis khususnya dan pembaca pada umumnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | D3 Tugas Akhir > Sekretaris Eksekutif > 2006 |
Divisions: | Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM |
Depositing User: | Admin Repository |
Date Deposited: | 16 Nov 2016 07:43 |
Last Modified: | 16 Nov 2016 07:43 |
URI: | http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/7871 |
Actions (login required)
View Item |