ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PERUSAHAAN ESYAH CIPTA CELLULER MANDIRI DI BIDANG PULSA ELEKTRONIK

Edy Syahrudin, Cecep (2006) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PERUSAHAAN ESYAH CIPTA CELLULER MANDIRI DI BIDANG PULSA ELEKTRONIK. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Perusahaan eSyah Cipta Celluler Mandiri merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang pulsa elektronik dengan akses memanfaatkan teknologi layanan pesan pendek / short message service ( SMS ). Strategi yang digunakan saat ini yaitu harga yang kompetitif, lokasi pengisian pulsa yang strategis, kelengkapan produk dengan kecepatan pengisian pulsa yang baik dan promosi melalui iklan di media cetak serta promosi secara langsung kepada calon – calon agen. Perusahaan eSyah Cipta Celluler Mandiri dalam menjalankan usahanya menghadapi permasalahan dan kendala pada jumlah penjualan yang cenderung menurun, banyak agen yang mengalami kebangkrutan dan kurang berhasilnya strategi pemasaran yang diterapkan perusahaan. Maka dilakukan penelitian mengenai strategi yang tepat dengan memanfaatkan segala kekuatan yang dimiliki dan menutupi kelemahan yang ada diperusahaan agar dapat bersaing dengan vendor – vendor pulsa elektronik lainnya dalam memanfaatkan peluang yang ada di pasar dan menghindari ancaman yang dapat membahayakan perusahaan. Matrik BCG digunakan untuk melihat posisi relatif masing – masing unit bisnis perusahaan berdasarkan pada tingkat pertumbuhan pasar dan pangsa pasar relatif unit bisnis tersebut sehingga didapat strategi yang dapat diterapkan terhadap unit bisnis perusahaan. Analisis SWOT merupakan alat penelitian yang dapat merumuskan strategi perusahaan berdasarkan analisis faktor strategis perusahan yang didapat dari matrik internal – eksternal perusahaan. Metode penelitian diatas dapat menentukan strategi pemasaran yang tepat bagi perusahaan. Karakteristik perusahaan merupakan pusat dari agen penjual pulsa yang membutuhkan wilayah yang luas supaya tingkat pertumbuhan penjualan semakin tinggi. Untuk meningkatkan penjualan, perusahaan harus memperhatikan beberapa faktor, yaitu jumlah agen yang aktif bertransaksi, keberhasilan transaksi, rutinitas konsumen melakukan isi ulang pulsa dan ketersediaan stock pulsa yang baik dan selalu siap digunakan. Maka perusahaan sebaiknya menerapkan strategi distribusi untuk mendukung strategi pemasaran yang telah diterapkan sebelumnya dan menerapkan strategi pertumbuhan dengan memanfaatkan kekuatan yang dimiliki untuk mendapatkan peluang dan menghindari ancaman terhadap eksistensi perusahaan yaitu melakukan penetrasi pasar dengan cara membuka cabang dalam menerapkan strategi pemasaran untuk menarik minat agen sehingga perusahaan dapat mempertahankan eksistensi usahanya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Industri > 2006
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Industri (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:43
Last Modified: 16 Nov 2016 07:43
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/8010

Actions (login required)

View Item View Item