ANALISIS KEMAMPUAN MAHASISWA DALAM MEMAKNAI GAIRAIGO BAHASA JEPANG (Penelitian Terhadap Mahasiswa Tingkat II Fakultas Sastra Jurusan Sastra

Desmond Marbun, Edwin (2006) ANALISIS KEMAMPUAN MAHASISWA DALAM MEMAKNAI GAIRAIGO BAHASA JEPANG (Penelitian Terhadap Mahasiswa Tingkat II Fakultas Sastra Jurusan Sastra. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Kosakata dalam bahasa Jepang menurut asal-usulnya terbagi atas empat bagian yaitu Wago, Kango, Gairaigo, dan Konshugo. Tetapi, salah satu di antara keempat kosakata tersebut yang menjadi permasalahan dalam segi pembelajar bahasa Jepang adalah Gairaigo. Gairaigo adalah kata-kata yang berasal dari bahasa asing (gaikokugo) lalu dipakai sebagai bahasa nasional (kokugo). Katakata yang termasuk gairaigo bahasa Jepang pada umumnya adalah kata-kata yang berasal dari bahasa-bahasa negara Eropa tidak termasuk Kango yang terlebih dahulu dipakai di dalam bahasa Jepang sejak zaman dahulu kala (Kindaichi dalam Dahidi & Sudjianto, 2004 : 104). Gairaigo bagi pembelajar bahasa Jepang sangat banyak mengalami kesulitan. Itu dikarenakan pembelajar kurang memaknai gairaigo bahasa Jepang. Sebab, dalam gairaigo sendiri banyak perubahan makna dari bahasa asing yang telah dirubah ke dalam kaidah ejaan bahasa Jepang yang sempurna. Dari permasalahan diatas maka penulis memilih penelitian ini dengan judul ”Analisis Tingkat Kemampuan Mahasiswa Dalam Memaknai Gairaigo Bahasa Jepang.” Untuk mengetahui seberapa besar tingkat kemampuan mahasiswa dalam memaknai gairaigo bahasa Jepang, faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kemampuan mahasiswa dalam memaknai gairaigo bahasa Jepang, dan strategi apa saja yang dilakukan untuk mengatasi kesulitan dalam mempelajari gairaigo bahasa Jepang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif. Yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa sastra Jepang Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM) tingkat dua tahun ajaran 2004/2005. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi literatur, media cyber, tes, dan angket (kuesioner). Penulis dapat mengetahui tingkat kemampuan responden mahasiswa melalui nilai rata-rata hasil tes, serta menganalisis angket untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhinya. Setelah itu, penulis akan menyimpulkan semua hasil penelitian yang telah dilakukan, serta memberikan saran-saran berdasarkan hasil penelitian. Berdasarkan hasil tes yang telah dilakukan, diketahui bahwa tingkat kemampuan mahasiswa dalam memaknai gairaigo bahasa Jepang adalah 69 (baik) berdasarkan indeks nilai UNIKOM. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi hasil tersebut adalah tingkat kemampuan mahasiswa dalam memaknai gairaigo bahasa Jepang yaitu cara belajar, intensitas pembelajar bahasa Jepang dalam bertanya atau berdiskusi dengan dosen pengajar dan teman sejurusan untuk membahas dan melatih kemampuan gairaigo . Strategi yang dilakukan untuk mengatasi kesulitan diatas pembelajar bahasa Jepang berusaha untuk belajar dan melatih kemampuan mereka dalam mempelajari gairaigo bahasa Jepang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sastra > Sastra Jepang > 2006
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Sastra
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Sastra > Sastra Jepang (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:43
Last Modified: 16 Nov 2016 07:43
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/8047

Actions (login required)

View Item View Item