Adiputra, Erlangga (2006) TINJAUAN DESAIN COVER MAJALAH NATIONAL GEOGRAPHIC INDONESIA. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.
Full text not available from this repository.Abstract
Desain layout cover majalah yang telah disadur atau diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia tidak mengalami banyak penyesuaian baik ukuran dasar majalah, logo, warna dasar, penempatan judul artikel (headline), penempatan jadwal penerbitan, dan penempatan pencantuman harga. Unsur-unsur yang telah diuraikan merupakan identitas dari sebuah majalah yang mewakili citra perusahaan penerbit dari suatu majalah. Demikian juga halnya pada desain layout cover majalah National Geographic Indonesia. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode penelitian deskriptif. Metode Deskriptif dapat diartikan sebagai prosedur pemecahan masalah yang diselidiki dengan menggambarkan atau melukiskan keadaan subyek atau objek penelitian (seseorang, lembaga, masyarakat, dan lain-lain) pada saat sekarang berdasarkan fakta-fakta yang tampak atau sebagaimana adanya. Instrumen dalam penelitian ini tidak bersifat eksternal atau objektif melainkan subjektif, yaitu penelitian dilakukan tanpa test. Yang mendukung dalam penelitian diantaranya: alat perekam, cacatan hasil wawancara. Teknik pengumpulan data atau pendekatan yang dilakukan adalah kajian pustaka dan wawancara. Maksud penelitian ini adalah untuk meninjau unsur-unsur apa saja yang menjadi identitas desain layout cover majalah National Geographic. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterkaitan identitas sebuah majalah dengan desain layout cover majalah dan informasi mengenai fungsi dari sebuah cover majalah terhadap satu keutuhan dari sebuah majalah dan dapat ditarik kesimpulan bahwa unsur visual yang menjadi identitas majalah National Geographic Indonesia tidak hanya dapat dilihat melalui satu unsur visual saja, tetapi dari semua unsur yang dimiliki oleh majalah National Geographic Indonesia. Penyesuaian yang terdapat didalam identitas desain layout cover majalah National Geographic Indonesia dengan majalah National Geographic International yaitu terdapat dalam unsur visual ukuran dasar, warna korporat (bingkai), pencantuman jadwal penerbitan, logo. Sedangkan pada unsur visual lainnya yaitu pencatuman harga, label, barcode, pemilihan foto yang ditampilkan, dan pemilihan headline (judul artikel utama dan judul sub artikel) merupakan identitas yang hanya dimiliki oleh majalah National Geographic Indonesia. Penggunaan media fotografi dan headline (judul artikel dan judul sub artikel) pada desain layout cover majalah National Geographic Indonesia sebagai media komunikasi (identitas majalah) dalam menyampaikan sebuah pesan yang ditinjau melalui unsur yang terlihat (tangible) dan yang tidak terlihat (itangible).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | S1-Final Project > Fakultas Desain > Desain Komunikasi Visual > 2006 |
Divisions: | Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Desain Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Desain > Desain Komunikasi Visual (S1) |
Depositing User: | Admin Repository |
Date Deposited: | 16 Nov 2016 07:44 |
Last Modified: | 16 Nov 2016 07:44 |
URI: | http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/8099 |
Actions (login required)
View Item |