Sulastri, Cici (2006) Laporan Kerja Praktek PT. MANGLE PANGLIPUR.
Full text not available from this repository.Abstract
Pada zaman sekarang ini media massa pernah menjadi salah satu tiang demokrasi. Hal ini disebabkan karena media massa memiliki peran untuk menyebarluaskan informasi dan pengetahuan kepada masyarakat. Dengan demikian, rakyat memperoleh hak asasi mereka untuk mendapatkan pengetahuan dan informasi yang benar tentang kondisi negara dan pemerintahan mereka. Dewasa ini, media komunikasi massa seperti televisi, radio, iklan, dan buku khususnya majalah telah berkembang dengan sangat cepat dan luas. Bahkan kini untuk majalah, banyak sekali jenisnya. Dalam rentang waktu perjalanan sejarah peradaban manusia, informasi merupakan salah satu kebutuhan manusia saat ini. Banyak media yang menawarkan berbagai macam kemudahan untuk mendapatkan informasi tersebut. Salah satu media tersebut adalah majalah. Melalui media ini kita mendapatkan berbagai informasi dan berita terbaru yang terjadi dilingkungan masyarakat baik dari dalam maupun luar negri. Selain mendapatkan informasi atau berita terbaru, majalah juga menyediakan informasi – informasi hiburan berupa gosip selebritis, resep masakan, tips, kesehatan dan info keluarga. Peran media cetak khususnya majalah sebagai penyampai informasi semakin penting dalam memenuhi kebutuhan saat ini. Banyak sekali media cetak khususnya majalah yang ada saat ini dengan informasi yang cukup variatif yang menawarkan bacaan yang tidak kalah menarik. Persaingan pun semakin ketat, namun meskipun demikian dalam kenyataannya majalah banyak diminati oleh masyarakat dari usia anak-anak, remaja dan dewasa, dengan berbagai informasi yang ditawarkannya. Hal itu disebabkan majalah dijual dengan harga yang relatif murah, dan informasi yang didapatkan lebih banyak dan jenis kertas yang dipakai lebih bagus. Kemajuan teknologi sekarang kompetitif ditambah persaingan dalam dunia kerja yang semakin ketat membuat kita menjadi berfikir bagaimana meningkatkan kualitas kerja, dan pengembangan kreatifitas. Perkembangan ilmu pengetahuan, dan teknologi mempengaruhi berbagai bidang kehidupan yang tidak akan mungkin terhindar dari pengaruhnya. Karena perubahan, dan perkembangan tersebut menuntut semua pihak untuk dapat lebih menyesuaikan diri menghadapi dunia kerja. Persaingan menjadi hak yang lumrah untuk dilakukan tentunya dalam hal ini adalah persaingan yang sehat. Persaingan bertujuan untuk mengasah kemampuan kreatifitas kita agar semakin berkembang dalam menghadapi era yang lebih maju lagi. Peran Desain Komunikasi Visual dalam media massa khususnya majalah, sangat berperan penting, karena didalamnya terdapat studi visual, grafis, tipografi dan illustrasi. Media massa yang didalam proses perancangannya menggunakan studi desain Komunikasi Visual dapat menghasilkan komposisi visual yang menarik sehingga menimbulkan daya tarik pembaca dan dapat meningkatkan penjualan majalah itu sendiri. Sedangkan peranan desainer dalam media massa khususnya majalah harus memiliki penerapan elemen-elemen serta prinsip-prinsip desain dalam proses desain suatu majalah terutama dibidang tampilan visual, grafis, typografi, dan ilustrasi, dengan maksud agar pesan / informasi mencapai sasaran, maka bentuknya harus menarik dan pemilihan atau mengkomposisikan warna pun harus tepat sehingga dapat membuat seorang pembaca semakin menarik dan nyaman bagi pembaca untuk melihat dan membacanya. Bentuk karya seorang desainer majalah tersebut bisa berupa pembuatan cover majalah, layout isi majalah, tema pada majalah dll.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Laporan Kerja Praktek > Fakultas Desain > Desain Komunikasi Visual > 2006 |
Divisions: | Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Desain Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Desain > Desain Komunikasi Visual (S1) |
Depositing User: | Admin Repository |
Date Deposited: | 16 Nov 2016 07:44 |
Last Modified: | 16 Nov 2016 07:44 |
URI: | http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/8182 |
Actions (login required)
View Item |