Sumpradana Kally, Alfian (2007) PERANAN HUMAS DINAS INFORMASI DAN KOMUNIKASI KABUPATEN SUMEDANG DALAM MENAMPUNG ASPIRASI MASYARAKATNYA MELALUI LAYANAN SMS “HALLO DON”.
Full text not available from this repository.Abstract
Era informasi dan komunikasi yang terjadi saat ini telah membawa paradigma baru dalam kehidupan masyarakat dunia termaksud Indonesia. Pada era ini , berbagai jenis teknologi informasi dan komunikasi tumbuh dengan pesat sehingga tidak ada lagi sekat yang menghalangi proses komunikasi antara manusia dibelahan bumi ini. Selain itu, iklim demokrasi yang kondusif dalam era globalisasi yang didorong oleh pesatnya arus informasi dan kemajuan teknologi mengakibatkan berkembangnya aspirasi masyarakat yang secara langsung maupun tidak langsung menuntut adanya peningkatan kinerja Pemerintah Daerah terutama dalam upaya mewujudkan good governance dan clean goverment. Dinas Informasi dan Komunikasi Kabupaten Sumedang yang berada dibawah naungan Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang menyadari pentingnya komunikasi terutama dengan masyarakat. Hal tersebut direalisasikan dengan membuat program layanan sms “Hallo Don” yang dimuat pada surat kabar harian lokal kabupaten Sumedang “Lintas”. Hal tersebut dilakukan dengan mengacu pada UU No.32 tahun 2004 pasal 195 ayat 3 yang menyatakan bahwa dalam rangka penyediaan pelayanan publik, daerah dapat bekerja sama dengan pihak ketiga. Layanan sms itu sendiri ditempatkan pada halaman muka surat kabar “Lintas” setiap hari Jum’at dengan nama rubrik Infokom. Adapun tag line layanan sms itu adalah “Hallo Don”. Tag line itu dipilih karena sesuai dengan nama Bupati Kabupaten Sumedang yaitu Bapak Dr.H. Don Murdono SH.,M.Si. Pemilihan tag line “Hallo Don” sendiri dianggap cukup tepat karena dapat memberi kesan kedekatan antara masyarakat dengan pemimpinnya. Dengan adanya layanan sms tersebut diharapkan dapat menampung berbagai aspirasi masyarakat dan merealisasikannya. Selain itu masukan yang diterima dapat dijadikan acuan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang untuk membuat suatu kebijakan publik. Dengan demikian diharapkan dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam aspek pengawasan terhadap kegiatan Pemerintahan. Berdasarkan latar belakang yang telah dikemukakan di atas, maka penulis merumuskan masalah “Bagaimana Peranan Humas Dinas Informasi dan Komunikasi Kabupaten Sumedang Dalam Menampung Aspirasi Masyarakatnya Melalui Layanan SMS “Hallo Don”.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Laporan Kerja Praktek > Fakultas Sospol > Ilmu Pemerintahan > 2006 |
Divisions: | Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan (S1) |
Depositing User: | Admin Repository |
Date Deposited: | 16 Nov 2016 07:44 |
Last Modified: | 16 Nov 2016 07:44 |
URI: | http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/8670 |
Actions (login required)
View Item |